Wakil PM Inggris: Kesepakatan Brexit Mungkin Tercapai dalam 24-48 Jam

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 13 November 2018 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 13 18 1977312 wakil-pm-inggris-kesepakatan-brexit-mungkin-tercapai-dalam-24-48-jam-tYRV5MXnuc.jpg Menteri Urusan Kabinet Inggris, David Lidington. (Foto: Reuters)

LONDON – Inggris dan Uni Eropa dilaporkan hampir mencapai kesepakatan Brexit, yang akan memungkinkan Negeri Ratu Elizabeth keluar dari keanggotaan Uni Eropa tahun depan. Pejabat yang dekat dengan Perdana Menteri (PM) Theresa May mengatakan, kesepakatan Brexit kemungkinan akan dicapai kedua belah pihak dalam waktu 24 sampai 48 jam mendatang.

"Kami belum sampai ke sana," kata Menteri Urusan Kabinet Inggris, David Lidington, kepada radio BBC sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (13/11/2018) “Kami hampir sampai di sana sekarang. PM telah mengatakan itu tidak bisa menjadi kesepakatan (yang diambil) dengan harga berapa pun.”

BACA JUGA: PM Inggris Tanda Tangani Surat Permohonan Resmi Brexit

Saat ditanya apakah Lidington mengatakan kesepakatan mungkin tercapai dalam 24 atau 48 jam berikutnya, dia mengatakan bahwa hal itu “masih mungkin tetapi bukan sudah bisa dipastikan”.

“Saya pikir cukup merangkumnya. Optimis tetapi waspada,” ujarnya.

Pada Senin, PM May mengatakan bahwa masih ada sejumlah isu yang belum bisa diselesaikan antara kedua belah pihak terkait Brexit seiring dengan semakin dekatnya akhir dari negosiasi. Baik Uni Eropa dan Inggris membutuhkan kesepakatan untuk menjaga perdagangan mengalir antara blok perdagangan terbesar di dunia dan negara ekonomi nasional terbesar kelima di dunia itu.

Dengan kurang dari lima bulan sampai Inggris meninggalkan Uni Eropa, para perunding masih melakukan tawar-menawar atas apa yang disebut backstop Irlandia Utara, sebuah kebijakan asuransi untuk memastikan tidak akan diterapkannya perbatasan keras di pulau Irlandia jika hubungan perdagangan masa depan tidak disepakati pada waktunya.

BACA JUGA: Trump Sarankan PM Inggris Tuntut Uni Eropa sebagai Strategi Brexit

Lidington mengatakan, PM May telah menekankan bahwa dia tidak menginginkan kebijakan backstop untuk diterapkan. Dia juga menolak berkomentar mengenai apa yang akan dilakukan Inggris jika kesepakatan tidak tercapai sebelum batas waktu pada Rabu.

"Kami berharap dan menginginkan kesepakatan akan dinegosiasikan pada akhir hari," ujarnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini