Penjelasan Kiai Ma'ruf soal Jokowi Santri Situbondo

Bayu Septianto, Jurnalis · Selasa 13 November 2018 15:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 13 605 1977215 penjelasan-kiai-ma-ruf-soal-jokowi-santri-situbondo-ms7YRGm4O6.png KH Maruf Amin (dok. Okezone)

JAKARTA - Calon Wakil Presiden nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin menjelaskan maksud dirinya yang menyatakan Capres Joko Widodo (Jokowi) sebagai santri Situbondo.

Menurut Ma'ruf, ia pernah mendapatkan cerita bahwa Jokowi pernah belajar agama dengan guru KH As'ad Syamsul Arifin dari Situbondo, sehingga ada yang menganggapnya sebagai santri Situbondo.

"Beliau itu dianggap sebagai santri Situbondo karena ada hubungan keilmuan, yang mengajari agama Pak Jokowi itu alumni senior dari Situbondo," ujar Ma'ruf di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (13/11/2018).

Dirinya pun memastikan bahwa Jokowi tak pernah 'mondok' di pesantren yang ada di Situbondo. Namun, sambungnya, Jokowi pernah belajar terhadap salah satu guru di pondok pesantren di Situbondo sehingga bisa dianggap sebagai seorang santri.

(Baca Juga: Ma'ruf Amin: Jokowi Itu Ternyata Santri dari Situbondo)

"Bukan mondok, bukan, tapi ada hubungan keilmuan. Nah, biasa di dalam situasi jalur keilmuan ada semaan dianggap sebagai santri," ucapnya.

"Jadi dia (Jokowi) belajar agama kepada seorang guru yang dia (guru) alumni dari Situbondo. Oleh karena oleh Situbondo dia punya jalur keilmuan dan dianggap santrinya situbondo," imbuhnya.

Sebelumnya, Kiai Ma'ruf Amin mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat mencintai kiai dan santri karena beliau pernah belajar agama di pondok pesantren di Situbondo, Jawa Timur.

"Jokowi itu ternyata santri dari Situbondo," kata Ma'ruf Amin dihadapan ribuan ulama, kiai, santri dan masyarakat Kabupaten Lebak.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini