nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gus Nur Ditetapkan Tersangka Kasus Dugaan Pencemaran Nama Baik

Syaiful Islam, Jurnalis · Kamis 22 November 2018 19:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 22 519 1981429 gus-nur-ditetapkan-tersangka-kasus-dugaan-pencemaran-nama-baik-JBjQXaswE9.jpg Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Frans Barung Mangera (foto: Syaiful/Okezone)

SURABAYA - Sugi Nur Raharja alias Gus Nur (44) ditetapkan sebagai tersangka oleh Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim. Pasalnya Gus Nur diduga melakukan pencemaran nama baik terhadap Banser NU.

Penetapan tersangka pada Gus Nur setelah penyidik mengantongi sejumlah bukti. Serta telah memintai keterangan dari 4 orang saksi ahli meliputi ahli Pidana (dua orang), ahli Bahasa dan ahli ITE.

(Baca Juga: Diduga Hina Ulama NU, GP Ansor Laporkan Akun @_haye_ ke Polisi) 

Tersangka akan dijerat dengan pasal 27 ayat 3 dan Pasal 45 Ayat 3, Undang Undang RI No 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Adapun ancaman hukumannya 4 tahun penjara.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera menjelaskan, penyidik akhirnya menetapkan tersangka pada Sugi Nur Raharja setelah memeriksa empat saksi ahli. Meskipun begitu, polisi tidak menahan tersangka.

"Berdasarkan masukan dari beberapa saksi-saksi ahli, kita menetapkan saudara Sugi Nur Raharja sebagai tersangka. Tetapi tidak dilakukan penahanan karena ancaman hukuman 4 tahun penjara," ucap Barung, Kamis (22/11/2018).

(Baca Juga: Diduga Menghina TGB, Ustaz Yahya Waloni Dilaporkan ke Bareskrim) 

Barung menambahkan, saat ini pihaknya memeriksa Gus Nur sebagai tersangka. Sebelumnya penyidik telah memanggil Gus Nur, namun tidak hadir karena yang bersangkutan ada kegiatan pengajian. Penyidik telah menyita alat pembuat video vlog dan bukti video yang dibuat.

Seperti diketahui, Gus Nur dilaporkan oleh Generasi Muda NU ke Polda Jatim pada September 2018 atas video vlog yang isinya tersangka mengucapkan kata-kata bernada penghinaan terhadap Banser NU. Video berdurasi 28 menit 25 detik itu dibuat pada 19 Mei 2018, dan diupload di youtube pada 20 Mei 2018, dengan judul ‘Generasi Muda NU Penjilat’.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini