nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

28 Paus Mati Terdampar di Pantai Australia

Thasyanur Azizah, Jurnalis · Kamis 29 November 2018 11:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 29 18 1984403 28-paus-mati-terdampar-di-pantai-australia-xko6tXkyhR.jpg Foto: AFP.

MELBOURNE - Dua puluh delapan ekor ikan paus ditemukan mati di sebuah pantai di tenggara Australia pada Rabu.

Paus-paus itu ditemukan oleh seorang pilot yang terbang melintasi Taman Nasional Croajingolong di Negara Bagian Victoria. Sedikitnya 27 paus pilot dan seekor paus bongkok dilaporkan terdampar di pantai itu pada Selasa sore.

BACA JUGA: 150 Ekor Paus Pilot Mati Terdampar di Pantai Terpencil Selandia Baru

Otoritas taman nasional yang mendapat laporan segera melakukan pemeriksaan ke lokasi dan menemukan delapan paus dalam masih hidup kondisi kritis. Namun, saat tim penyelamat datang keesokan harinya, semua paus itu sudah mati.

Satu-satunya paus bungkuk yang terdampar di sana diduga mati lebih dulu dari paus lainnya dalam insiden terpisah.

Gail Wright selaku perwakilan dari Taman Nasional Victoria mengatakan bahwa mereka telah mengambil sampel dari bangkai paus itu untuk mengetahui penyebab insiden ini.

"Ini masih menjadi sebuah misteri besar, kami tidak tahu mengapa ini terjadi," jelas Wright kepada AFP.

Ia juga menambahkan bahwa insiden ini merupakan yang terbesar yang terjadi di Australia sejak 1980-an.

BACA JUGA: 416 Ekor Paus Terdampar dalam Semalam di Selandia Baru

Sebelumnya, 145 paus pilot juga ditemukan terdampar di daerah terpencil Selandia Baru bagian selatan. Setengahnya ditemukan dalam kondisi mati dan yang lainnya masih hidup meski pada akhirnya tidak dapat diselamatkan karena faktor wilayah yang terpencil.

Hingga saat ini belum diketahui mengapa paus dan lumba-lumba bisa terdampar di pantai. Beberapa dugaan muncul, seperti akibat penyakit, kesalahan navigasi, faktor geografis, ombak yang datang dengan cepat, dikejar oleh predator, sampai cuaca ekstrem.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini