nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hewan Pemangsa Ternak Warga Karanganyar Diduga Harimau Jawa

Bramantyo, Jurnalis · Sabtu 01 Desember 2018 19:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 01 512 1985593 hewan-pemangsa-ternak-warga-karanganyar-diduga-harimau-jawa-MSk51ORpMv.jpg Ilustrasi Harimau (WWF)

SOLO – Mahluk buas yang diduga harimau Jawa yang bermukim di Gunung Lawu memangsa ternak milik warga Beruk, Jatiyoso, Karanganyar, Jawa Tengah.

Warga mengaku melihat dua ekor harimau sedang berada di kandang warga.

Harimau Jawa telah dinyatakan punah pada tahun 1980-an. Namun pada 2016, terlihat seekor satwa yang mirip dengan harimau Jawa.

Kapolsek Jatiyoso Iptu Subarkah menyampaikan, saksi mendengar suara berisik di kandang kambingnya, yang terletak di samping rumah Kisut(50), warga Pondok Pengkok RT 001/RW 001, Beruk, Jatiyoso, Ia melihat ada dua harimau sedang memangsa ternaknya.

"Turunnya harimau sempat diketahui oleh pemilik ternak. Mungkin karena kaget, harimau itu langsung lari masuk ke hutan, " jelasnya kepada Okezone, Sabtu (1/12/2018).

Kandang tersebut, lanjut Subarkah, ada 2 dan masing-masing berisi 4 ekor kambing. Dan masing-masing kandang satu kambing tewas dengan leher terkoyak.

"Dua kambingnya ditemukan mati di masing-masing kandang. Dengan terlihatnya dua harimau yang turun diperkirakan masih ada macan lain di atas hutan Lawu, " paparnya.

Kepada masyarakat Kapolsek mengimbau untuk meningkatkan kewaspadaan. Warga bersama aparat kepolisian dari Polsek Jatiyoso dan Koramil Jatiyoso, melakukan patroli untuk membantu penjagaan di sekitar lingkungan premukiman yang sering disinggahi hariamau.

"Selalu siapkan obor (jika malam hari) dan membunyikan suara ledakan tradisional atau masyarakat mercon bumbung (terbuat dari bambu). Karena Harimau takut dengan obor dan suara keras," tandas Subarkah.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini