nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perempuan India Dibakar Hidup-Hidup Setelah Laporkan Penganiayaan Dirinya

Thasyanur Azizah, Jurnalis · Selasa 04 Desember 2018 14:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 04 18 1986643 perempuan-india-dibakar-hidup-hidup-setelah-laporkan-penganiayaan-dirinya-7TjOII1dOe.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

NEW DELHI - Seorang perempuan di India Utara dibakar oleh dua orang pria yang diduga mencoba menganiayanya. Insiden itu terjadi dua hari setelah korban melaporkan pelecehan yang dilakukan kedua pria tersebut kepada polisi, pihak berwenang dan keluarganya.

Kasus ini menjadi kasus terbaru yang menunjukkan rawannya posisi perempuan di India dalam menghadapi kasus kekerasan dan pelecehan.

BACA JUGA: Menyerang Perempuan yang Mau Masuk Kuil, Ribuan Orang Ditangkap

Diwartakan Reuters, Selasa (4/122018) perempuan itu sedang berada di sebuah lapangan di dekat rumahnya di Distrik Sitapur, Negara Bagian Uttar Pradesh saat kedua pria yang diketahui sebagai tetangganya datang. Berdasarkan keterangan Vinod Kumar, saudara korban, kedua pria itu kemudian menemui korban dan berusaha menyeretnya pergi.

Korban menggigit tangan para penyerangnya dan berhasil melarikan diri. Pada hari yang sama, dia dan ayahnya melaporkan kejadian itu pengaduan kepada polisi. Namun, tidak ada tindakan yang dilakukan hingga pihak keluarga kembali melakukan pengaduan untuk kedua kalinya.

"Kami menunggu polisi datang untuk mencari informasi sepanjang hari tetapi tidak ada yang datang," kata Vinod.

Keesokan harinya, kedua pria kembali ke ladang tempat wanita itu bekerja, menyiramnya dengan minyak tanah dan membakarnya, kata inspektur polisi setempat, Prabhakar Chaudhary, dikutip dari Reuters.

Ia dirawat si rumah sakit dengan 40 persen luka bakar yang ada di tubuhnya.

Chaudhary mengatakan bahwa tersangka penyerangan telah ditangkap dan tiga polisi diskors karena dinilai telah melalaikan tugas.

Kasus terkait kekerasan seksual seperti ini bukanlah yang pertama kali terjadi di India.

BACA JUGA: Polisi di India Pukuli Seorang Perempuan Karena Bergaul dengan Pria Muslim

Setelah pemerkosaan massal seorang wanita muda pada 2012, India memberlakukan engadilan jalur cepat dan undang-undang perkosaan yang lebih keras termasuk hukuman mati. Tetapi data statistik menunjukkan bahwa kekerasan seksual terhadap wanita malah semakin meningkat, bukan menurun seperti yang diharapkan.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia telah menuduh polisi India tunduk pada tekanan dari politisi lokal untuk mengubur setiap penyelidikan. Para pegiat mengatakan, dalam beberapa kasus, penyelidikan serangan seksual telah menguap karena sikap apatis polisi.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini