nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wahidin Halim Lantik Wali Kota Serang di Kawasan Masjid Banten Lama

Rasyid Ridho , Jurnalis · Rabu 05 Desember 2018 15:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 05 340 1987161 wahidin-halim-lantik-wali-kota-serang-di-kawasan-masjid-banten-lama-nh7tohuGdq.jpg

SERANG - Gubernur Banten Wahidin Halim melantik Wali Kota dan Wakil Walikota Serang terpilih Syafrudin-Subadri Usuludin di Kawasan Masjid Banten Lama, Kota Serang pagi ini.

Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Banten Gunawan mengatakan, prosesi pelantikan kepala daerah sengaja di pilih di Banten Lama karena beberapa alasan seperti filosofi sejarahnya bahwa dulu, di sekitar Watu Gilang Keraton Surosowan adalah tempat penasbihan atau pengangkatan para sultan Banten.

"Berdasarkan alasan tersebut, pak Gubernur berinisiatif untuk melantik Walikota di Keraton Surosowan dan hasil konsultasi kita ke kemendagri pun di perkenankan," kata Gunawan. Rabu (5/12/2018).

Selain itu, sesuai dengan UU Nomor 10 Tahun 2016 Pasal 164 Ayat 1 tentang perubahan UU Nomor 1 Tahun 2015 bahwa Bupati dan Wakil Bupati, Walkot dan Wakil Walkot dilantik oleh Gubernur di Ibukota Provinsi.

"Pelantikan kepala daerah di Kawasan Banten Lama ini sejarah pertama kalinya di Banten," ujarnya.

Dalam sambutannya, Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, watu gilang mempunyai nilai nilai sejarah, sakral dan nilai spiritual. Sebab, dilokasi inilah Sultan Banten dikukuhkan, dan dari Banten Lama lah peradaban Islam di nusantara dikenal.

"Sultan dilantik disini, semoga menjadikan inspirasi kekuatan moral melayani masyarakat Kota Serang dan peziarah disini (Banten Lama)," kata Wahidin. Rabu (5/12/2018).

Dia juga meminta kepada wali kota dan wakil wali kota yang baru saja dilantik untuk bekerja membenahi permasalahan yang ada di Ibu Kota Provinsi Banten seperti kekumuhannya dan kejorokannya. Terutama di kawasan Banten Lama.

"Serang sebagai Ibu Kota provinsi, wajahnya Banten. Jangan sampai memalukan harus maju," ujarnya.

Wali Kota Serang Syafrudin mengaku dalam 100 hari kepemimpinannya akan menyelesaikan permasalahan seperti kekumuhan, kemacetan yang selama ini menjadi Pekerjaan Rumah yang diberikan oleh Gubernur Banten Wahidin Halim.

"Kita akan lakukan selama 100 hari kerja. Kita juga minya dukungan dan doanya kepada masyarakat untuk bersama sama membangun peradaban yang Madani," katanya

Untuk diketahui, Walikota dan Wakil Walikota Serang hasil dari Pilkada Serentak tahun 2018 Syafrudin dan Subadri yang didukung empat parpol yakni PAN, Partai Hanura, PPP, dan PKS unggul dari dua rivalnya yakni Vera Nurlaela-Nurhasan dan Syamsul-Rohman.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini