nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Detik-Detik Menegangkan, Penjebakan Harimau Lepas di Bonbin Semarang

Taufik Budi, Jurnalis · Rabu 05 Desember 2018 15:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 05 512 1987176 detik-detik-menegangkan-penjebakan-harimau-lepas-di-bonbin-semarang-sB0zJONO58.jpg Evakuasi Harimau Lepas di Bonbin Semarang, Jateng (foto: Taufik Budi)

SEMARANG – Proses evakuasi dua harimau benggala yang lepas dari kandang di Semarang Zoo (Bonbin Mangkang) berlangsung menegangkan. Petugas gabungan harus mempersenjatai diri dengan senapan bius serta tongkat bambu untuk melindungi diri.

Sekira pukul 09.00 WIB, sejumlah petugas yang terdiri Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah, polisi, serta pengelola Bonbin Mangkang. Mereka berkoordinasi tentang upaya penanganan satwa harimau yang lepas. Upaya penjebakan dilakukan agar tak membahayakan gabungan petugas.

(Baca Juga: Mencekam, 2 Harimau Kebun Binatang Semarang Lepas dari Kandang) 

Mereka mengumpulkan informasi tentang kemungkinan tempat bersembunyi dua harimau jantan dan betina itu. Hingga tak berselang lama, tim mendapat kabar dari pawang bahwa harimau benggala yang jantan telah masuk kandang.

“Sedangkan yang betina belum ditemukan keberadaannya. Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan harimau berada di dalam gorong-gorong jembatan dalam kompleks bonbin. Tim kemudian mempersiapkan rencana penutupan lubang gorong-gorong dengan memanfaatkan bekas pintu besi,” kata Kepala BKSDA Jawa Tengah, Suharman, Rabu (5/12/2018).

Petugas Bersiap Menangkap Harimau di Bonbin Semarang (foto: Taufik Budi)Petugas Bersiap Menangkap Harimau di Bonbin Semarang (foto: Taufik Budi) 

Petugas lantas menutup dua lubang gorong-gorong dengan ram besi. Namun, kucing besar berwarna keemasan dengan loreng hitam itu justru mengamuk dan menerjang ram besi yang dipasang petugas. Seketika, ram besi itu jebol diterjang hingga harimau keluar. Sementara beberapa petugas lari menyelematkan diri.

“Saat percobaan pertama berhasil ditutup kedua lubang gorong-gorong tersebut, tetapi harimau berhasil menerjang keluar. Diduga karena ram besi terlalu kecil,” terang dia.

(Baca Juga: Kronologi 2 Harimau Bonbin Semarang Lepas dari Kandang) 

Setelah menunggu sejenak, harimau betina tersebut masuk gorong-gorong lagi. Tim lantas memanfaatkan bekas pintu besi lain yang lebih kuat untuk menutup gorong-gorong. Cara itu berhasil, karena harimau tak bisa lagi mengoyaknya.

“Setelah berhasil menjebak harimau dengan menutup kembali lubang gorong-gorong, drh Hendrik (petugas Bonbin Mangkang) membius harimau dengan tiga kali tembakan bius. Meski hanya terkena dua kali tembakan bius, satwa buas itu tertidur selanjutnya ditandu dan dikembalikan ke kandang satwa,” pungkasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini