nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Ini, Habib Bahar Diperiksa Polisi Terkait Ceramah Presiden Jokowi "Banci"

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Kamis 06 Desember 2018 06:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 06 337 1987438 hari-ini-habib-bahar-diperiksa-polisi-terkait-ceramah-presiden-jokowi-banci-94Qm4vSdKJ.jpg Habib Bahar bin Smith (Foto: Instagram)

JAKARTA - Pendiri Majelis Pembela Rasulullah, Habib Bahar bin Smith diagendakan akan menjalani pemeriksaan penyidik Bareskrim Polri terkait dengan ceramahnya yang dianggap telah menghina Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dengan sebutan 'banci', hari ini Kamis (6/12/2018).

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Syahar Diantono mengungkapkan, pemeriksaan Habib berambut pirang itu rencananya akan diperiksa pada pukul 10.00 WIB di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta.

"Sesuai surat panggilan dari penyidik diperiksa di Bareskrim Polri jam 10.00 WIB," ujar Syahar saat dikonfirmasi Okezone, Jakarta.

Baca Juga: Bareskrim Tingkatkan Kasus Habib Bahar ke Penyidikan

Habib Bahar

Pemeriksaan ini merupakan proses lanjutan dari pelaporan Jokowi Mania (Joman) terkait ceramah Habib Bahar lantaran diduga telah melakukan kejahatan terhadap penguasa umum dan menyebarkan ujaran kebencian.

Sementara itu, status perkara yang menjerat Habib Bahar, Bareskrim Polri, saat ini sudah meningkatkan ke tahap penyidikan. Terkait hal tersebut, polisi sudah melakukan pemeriksaan terhadap 11 saksi dan empat ahli.

"Status perkara HBS yang ditangani Bareskrim sudah penyidikan," kata Syahar.

Pemanggilan Habib Bahar sendiri sebelumnya diagendakan Senin 3 Desember 2018 lalu. Namun, pada kesempatan itu Habib Bahar tak memenuhi panggilan tersebut dengan alasan tak menerima surat pemeriksaan.

Pelaporan terhadap Habib Bahar sendiri dilakukan di Bareskrim Polri dan Polda Metro Jaya. Pasalnya, dalam hal ini, pelaporan tersebut lantaran salah satu materi ceramah Habib Bahar di Tangerang, beberapa waktu lalu, dinilai telah menghina Presiden Jokowi.

Habib Bahar

Sementara itu, Habib Bahar memastikan akan datang seorang diri ke Gedung Bareskrim Mabes Polri untuk memenuhi panggilan sebagai saksi terlapor. Namun, jika harus berakhir dengan menyandang status tersangka usai diperiksa, ia akan segera menghubungi keluarga untuk menyiapkan pakaian.

"Saya akan datang sendiri (penuhi panggilan Bareskrim-red). Kalau langsung ditetapkan tersangka, ya saya telefon keluarga suruh bawa pakaian," ucap Habib Bahar kepada Okezone terpisah.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini