nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Natal dan Tahun Baru, Pengelola Pastikan Tol Jakarta-Cikampek Bakal Lancar

Anggun Tifani, Jurnalis · Jum'at 07 Desember 2018 17:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 07 338 1988244 jelang-natal-dan-tahun-baru-pengelola-pastikan-tol-jakarta-cikampek-bakal-lancar-W2qjtWWQMr.jpg Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek. Foto: Okezone/Anggun Tifani

TANGERANG – Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono memastikan, pihaknya telah membahas solusi untuk mengatasi kemacetan di tol Jakarta-Cikampek pada libur Natal dan Tahun Baru 2019.

"Saya sampaikan permasalahan mengenai kemacetan di tol Ja-Pek (Jakarta-Cikampek). Dulu masyarakat ini kan terganggu dengan adanya kegiatan aktivitas proyek di jalanan yang harus tetap jalan, karenanya pemerintah hadir memastikan bahwa kondisi lalu lintas lancar," ujar Bambang saat di TangCity Mall, Kota Tangerang, Jumat (7/12/2018).

Foto: Okezone/Wijayakusuma

Dijelaskan Bambang, pihaknya telah memberikan tiga solusi untuk mengatasi hal tersebut, khususnya untuk mengoptimalkan Peraturan Menteri No 018/2018 tentang rekayasa lalu lintas.

"Kita yang pertama ada pengaturan truk jalan dari 6 pagi sampai jam 9, itu sudah tidak boleh lewat. Kedua, manajemen waktu proyek supaya proyek tidak timbang tindih. Ketiga itu ada over dimension over loading," jelasnya.

Baca: KAI Siapkan 394 Perjalanan Kereta Api Selama Natal dan Tahun Baru 2019

Baca: Polisi Diminta Deteksi Dini Aksi Terorisme saat Natal & Tahun Baru 2019

Bambang memaparkan, pihaknya juga telah mengantisipasi dengan sejumlah upaya lain. Hal itu di antaranya, pengadaan petugas untuk mengatur percepatan lalu lintas dan pengadaan mobile card reader untuk menempelkan e-toll card di pintu tol.

"Jadi kalau antre panjang langsung kita jemput pake mobile card reader. Sehingga Natal dan Tahun Baru nanti kita bisa jamin masyarakat yang ingin mudik dan yang ingin liburan bisa aman," pungkasnya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini