Habib Bahar bin Smith Tersangka, Begini Reaksi Kubu Jokowi dan Prabowo

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Jum'at 07 Desember 2018 16:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 07 605 1988195 habib-bahar-bin-smith-tersangka-begini-reaksi-kubu-jokowi-dan-prabowo-srOpsNzHkx.jpg Habib Bahar bin Smith saat tiba di Bareskrim (Heru/Okezone)

JAKARTA – Habib Bahar bin Smith alias HBS ditetapkan sebagai tersangka usai 11 jam diperiksa oleh penyidik Bareskrim Polri terkait kasus dugaan ujaran kebencian. Bagaimana tanggapan Tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga?

Habib Bahar sebelumnya dilaporkan ke Bareskrim karena ceramahnya diduga berisi ujaran kebencian dan menghina Presiden Jokowi. Bahar pun menyandang status tersangka, tapi tidak ditahan.

Kapala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Syahar Diantono mengatakan HBS tidak ditahan karena penyidik yakin pendiri Majelis Pembela Rasulullah itu tak akan melarikan diri dan menghilangkan barang bukti.

“Penyidik meyakini HBS ini kooperatif dan tidak dilakukan upaya penahanan," katanya, Jumat (7/2018).

Tapi, Syahar memastikan bahwa proses penyidikan kasus Bahar bin Smith tetap berjalan dan tersangka akan hadir kapan dibutuhkan penyidik untuk dimintai keterangan. Bahar juga sudah dicegah bepergian ke luar negeri.

Habib Bahar bin Smith (Heru/Okezone)

Penetapan status tersangka ke Bahar bin Smith direspons langsung kubu Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi.

Kubu Jokowi

Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Ahmad Rofiq mengatakan bahwa kasus Bahar bin Smith harus jadi pembelajaran bagi semua bahwa tak ada yang kebal hukum.

(Baca juga: Polri Tetapkan Habib Bahar bin Smith Tersangka)

“Tidak ada yang kebal hukum di republik ini. Maka semua harus menjaga dan bermawas diri,” ujar Rofiq yang juga Sekjen Partai Perindo.

Ahmad Rofiq (Okezone)

Ceramah Bahar bin Smith memang kerap bernada keras dan bahkan berisi kritikan pemerintah.

Rofiq menilai kekerasan kata-kata lebih berbahaya dibandingkan dengan kekerasan fisik. “Dengan kata-kata semua rasa persatuan dan kesatuan bisa terbelah kapan pun, bisa memecah belah umat dan merusak kebhinekaan,” terang dia.

Kubu Prabowo

Sementara Juru Bicara Badan Pemenangan Prabowo-Sandiaga, Andre Rosade menyerahkan sepenuhnya kasus Bahar ke polisi.

“Itu kan haknya Polri,” ujarnya.

(Baca juga: Dianggap Lebay karena Pilih Membusuk di Penjara daripada Minta Maaf, Begini Reaksi Habib Bahar)

“Kita mendorong saja, agar porses hukum yang dijalani Habib Bahar dapat berjalan profesional dan berkeadilan,” lanjut politikus Partai Gerindra itu.

Andre Rosade (Okezone)

Andre berharap polisi tetap professional menangani kasus Habib Bahar. “Habib Bahar juga sudah sampaikan enggak mau minta maaf dan beliau akan mempertanggungjawabkan dan dari awal beliau akan jadi tersangka. Jadi kami itu kita minta Polri profesional dan berkadilan karena Habib Bahar sudah kooperatif,” tandasnya

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini