nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Manipulasi Suara Gunakan E-KTP, DPR Dorong Pemilu via E-Voting

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 10 Desember 2018 13:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 10 337 1989155 cegah-manipulasi-suara-gunakan-e-ktp-dpr-dorong-pemilu-via-e-voting-gHuY2kscj4.jpg Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemilihan umum menggunakan sistem pemungutan suara secara elektronik (e-voting). Langkah ini untuk mencegah upaya parktik manipulasi suara hingga duplikasi identitas ketika pemilu berlangsung.

Menurut Bamsoet –sapaan akrabnya, e-voting dapat menghindari praktik-praktik negatif yang rawan dipolitisasi tersebut. Apalagi, baru saja didapati blangko e-KTP yang dijual secara daring (online) serta penemuan e-KTP berserakan di Pondok Kopi, Jakarta Timur.

"Kalau ada mempermasalahkan ini (manipulasi identitas), maka kita dorong juga sistem pemilu kita harusnya melalui sistem e-votting. Sehingga, duplikasi e-KTP bisa terhindari," ungkap Bamsoet di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (10/12/2018).

(Baca juga: Jelang Pilpres 2019, Polisi Diminta Harus Bekerja Lebih Giat)

Meski begitu, ia menyebut bahwa sistem tersebut tidak harus dilakukan pada Pemilu 2019. Bisa saja diterapkan di pemilu setelah itu, sehingga diperlukan pembahasan dari para pemangku kebijakan terkait.

"Ya menurut saya e-voting enggak mungkin di pemilu ini. Pasti di pemilu lima tahun ke depan. Tapi sudah harus dijajaki, harus sudah dimulai (dibahas)," jelas Bamsoet.

(Baca juga: Perangi Hoaks, TNI-Polri Gelar Deklarasi Damai Jelang Pemilu 2019)

Lebih lanjut ia menilai e-voting juga memiliki keuntungan. Sebut saja adanya penghematan dari sektor logistik, jadi penyelenggara tidak perlu memikirkan alokasi; kemudian menekan beban biaya bilik suara, pengadaan tinta, hingga kertas suara yang cukup tinggi.

"Jadi menurut saya arahnya sudah harus ke sana. Memang tantangan sangat berat, tapi harus kita mulai," tegas dia.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini