KPU: Kotak Suara dari Karton Kedap Air Aman Digunakan pada Pemilu 2019

Muhamad Rizky, Jurnalis · Sabtu 15 Desember 2018 22:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 15 605 1991834 kpu-kotak-suara-dari-karton-kedap-air-aman-digunakan-pada-pemilu-2019-oigczzy2lK.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

JAKARTA - Pemilu 2019 Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggunakan kotak suara yang berbahan karton kedap air. Ketua KPU RI, Arief Budiman pun menyakini jika kotak suara karton tersebut akan aman karena sudah empat kali digunakan saat pemilu beberapa waktu lalu dan semuanya lancar.

"Kotak suara berbahan karton kedap air bukan hal baru, melainkan sudah dilakukan pada Pemilu 2014, Pilkada 2015, Pilkada 2017, dan pada tahun 2018. Sebenarnya relatif tidak ada laporan pemilu terganggu karena gunakan karton kedap air," kata Arief usai Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perubahan Tahap II (DPTHP-2) Pemilu 2019, Sabtu (15/12/2018).

 (Baca juga: KPU Tetap Jamin Hak Pilih Warga yang Tak Masuk DPT)

Sebelum KPU memutuskan mengunakan kotak suara berbahan karton, pihaknya telah ke negara-negara yang melaksanakan pemilu dan menggunakan hal yang sama. Menurutnya, penggunaan kotak suara tersebut jauh lebih efisien dibandingkan berbahan aluminium, misalnya, bisa memangkas biaya sewa gudang untuk penempatannya ketika telah digunakan.

 pilakda

"Kalau berbahan karton kedap air, tidak masuk kategori aset sehingga setelah digunakan tidak perlu disimpan. Kalau berbahan alumunium harus menurunkan orang untuk melepas dan memasang baut," tuturnya.

 (Baca juga: KPU Pastikan Laporan 1,6 Juta DPT Ganda Timses Prabowo Sudah Diselesaikan)

Selain itu, Arief mengatakan bahwa pihaknya juga memperhatikan ketentuan UU Pemilu bahwa kotak suara harus dibuat transparan sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

"Di beberapa negara yang menggunakan kotak suara berbahan karton, mereka sangat tipis. Namun, kotak suara kita sangat kuat, yaitu mampu menahan berat badan seseorang," pungkasnya. (wal)

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini