nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ribuan Warga & 500 Penari Kolosal Akan Sambut Jokowi di Tana Toraja

Jufri Tonapa, Jurnalis · Sabtu 22 Desember 2018 18:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 22 609 1994840 ribuan-warga-500-penari-kolosal-akan-sambut-jokowi-di-tana-toraja-cRslqJkB2a.jpg Plaza Kolam Makale (Foto: Jufri Tonapa)

TANA TORAJA – Pemerintah daerah dan warga Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel) akan menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka menghadiri perayaan Natal Oikumene dipusatkan di Plaza Kolam Makale, pada Minggu 23 Desember 2018.

Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara mengatakan, Presiden akan disambut dengan berbagai tarian kolosal dengan nuansa budaya khas Tana Toraja.

“Persiapan sudah 90 persen sudah siap termasuk pelibatan seluruh masyarakat, tokoh masyarakat yang ada di Kabupaten Tana Toraja. Sebanyak 500 penari tarian kolosal akan menyambut bapak Presiden Joko Widodo yang berasal dari anak-anak pelajar SD, SMP, SMA, Mahasiswa dan warga,” kata Victor, Sabtu (22/12/2018).

(Baca Juga: Gubernur dan Wagub Sulsel Dampingi Wapres JK Jamu Presiden Jokowi)

Jokowi

Victor menambahkan, kegiatan yang dipusatkan di plaza kolam Makale akan menampung sebanyak 28 ribu warga pengunjung. Jokowi setelah mendapat penyambutan tarian kolosal khas etnis Toraja dijadwalkan menandatangani prasasti patung Yesus Memberkati.

“Setelah memberi sambutan, Presiden Joko Widodo akan menandatangani prasasti patung Yesus Memberkati yang ada di Burake, setelah itu langsung berinteraksi dengan seluruh komponen masyarakat yang ada disini, berdialog dengan masyarakat Toraja,” jelasnya.

Atraksi seni dan budaya yang rencananya akan ditampilkan saat menyambut Presiden Jokowi adalah Pa’randing Dodo Pandin, Ondo pua, Ma’nani, Ma’lambuk dan tari Ma’ bugi’ Semuanya menampilkan keragaman budaya dan kearifan lokal Toraja.

(Baca Juga: 2019 Alokasi Dana Desa Meningkat, Jokowi: Hati-Hati Uang Ini Sangat Besar Harus Tepat Sasaran)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini