nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PM Israel: Presiden Brasil Akan Pindahkan Kedutaannya ke Yerusalem

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 31 Desember 2018 10:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 31 18 1998004 pm-israel-presiden-brasil-akan-pindahkan-kedutaannya-ke-yerusalem-AffB4k0qPh.jpg Presiden Brasil, Jair Bolsonaro. (Foto: Reuters)

RIO DE JANEIRO – Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu pada Minggu mengatakan bahwa Presiden Brasil, Jair Bolsonaro telah menyatakan kepadanya bahwa Brasil akan memindahkan kedutaan besarnya dari Tel Aviv ke Yerusalem. Kepada Netanyahu, Bolsonaro mengatakan bahwa pemindahan kedutaan itu akan dilakukan hanya menunggu “kapan” akan terjadi.

Bolsonaro yang memenangi pemilihan presiden Brasil pada Oktober lalu secara resmi menjabat pada Selasa telah mengatakan bahwa dia akan mengikuti jejak Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan memindahkan kedutaan Brasil ke Yerusalem.

BACA JUGA: Presiden Terpilih Brasil Ingin Pindahkan Kedutaan di Israel ke Yerusalem

Namun, dia juga mendapat tekanan besar dari sektor pertanian Brasil untuk membatalkan niatan tersebut karena akan berdampak pada ekspor ke negara-negara Arab. Terlepas dari pernyataan dari Netanyahu, pejabat senior pemerintahan Brasil yang akan datang mengatakan belum ada keputusan yang dibuat terkait pemindahan kedutaan.

Langkah untuk memindahkan kedutaan yang diwacanakan Bolsonaro akan menjadi sebuah pergeseran dalam kebijakan luar negeri Brasil yang secara tradisional mendukung solusi dua negara sebagai penyelesaian konflik Palestina-Israel.

"Bolsonaro memberitahuku 'kapan, bukan jika' dia memindahkan kedutaan ke Yerusalem," kata Netanyahu sebagaimana dilansir Reuters, Senin (31/12/2018). Hal itu disampaikan Netanyahu dalam pertemuan dengan komunitas Yahudi Brasil di Rio de Janeiro pada Minggu.

BACA JUGA: Jair Bolsonaro, Donald Trump-nya Amerika Latin Menangi Pilpres Brasil

"Kami sangat mementingkan Brasil, dan Brasil dalam konteks Amerika Latin," tambahnya. "Ini menandai perubahan yang bersejarah."

Netanyahu menjadi perdana menteri Israel pertama yang mengunjungi Brasil saat dia bertemu dengan Bolsonaro pada Jumat. Dia mengatakan bahwa Bolsonaro menerima undangannya untuk berkunjung ke Israel yang kemungkinan akan dilakukan pada Maret 2019.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini