nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Malam Tahun Baru, BMKG Imbau Warga Pesisir Waspadai Gelombang 2,5 Meter

Herman Amiruddin, Jurnalis · Senin 31 Desember 2018 11:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 31 340 1998028 malam-tahun-baru-bmkg-imbau-warga-pesisir-waspadai-gelombang-2-5-meter-Ye2khnbTEF.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

MAKASSAR - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Selatan meminta warga yang berada di pesisir pantai waspada gelombang tinggi pada malam pergantian tahun.

Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa BMKG Sulsel, Siswanto, mengatakan warga yang tinggal di Pulau atau di pesisir pantai agar berhati-hati.

"Hati-hati terutama untuk jalur penyeberangan laut, dan nelayan yang pakai perahu-perahu kecil," kata Siswanto kepada Okezone, Senin (31/12/2018).

 gelomobang

Namun, kata dia, tinggi gelombang sudah turun 1,25 meter hingga 2,5 meter yang sebelumnya hingga 4,0 meter gelombang laut. Akan tetapi gelombang itu berbahaya bagi perahu nelayan.

"Sudah agak turun 1.25 hingga 2.5 meter, yang sebelumnya hingga 4.0 meter gelombang laut. Tapi dengan 2.5 meter itu berbahaya untuk nelayan yang menggunakan perahu kecil," ungkapnya.

Warga atau nelayan diminta untuk waspada dengan gelombang tinggi terjadi di Selat Makassar bagian selatan.

Siswanto juga menyebut wilayah Perairan barat Sulawesi Selatan, Perairan Kepulauan Sabalana, Perairan Selayar, Teluk Bone bagian utara dan Teluk Bone bagian selatan, Laut Flores.

Siswanto menyebutkan prediksi cuaca pada jelang malam pergantian tahun, pagi hari berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Pinrang, Parepare, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Bulukumba, Sinjai, Selayar.

Siang hari berpotensi hujan ringan di seluruh wilayah Sulawesi Selatan, dan hujan sedang di wilayah Masamba, Belopa, Palopo.

"Kecuali berawan di wilayah Sengkang, Watampone, Watansoppeng," kata Siswanto.

 ge

Selanjutnya, pada malam hari cuaca berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Masamba, Malili,Palopo, Belopa, Rantepao, Makale. Kecuali kata Siswanto hujan sedang di wilayah Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, Takalar.

"Selepas tahun baru dini hari berawan berpotensi hujan ringan di wilayah Belopa, Selayar, Bulukumba, Sinjai," lanjutnya.

Sementara hujan sedang lebat di wilayah Pinrang, Parepare, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, Takalar.

"Adapun peringatan dini waspadai hujan lebat disertai petir dan angin kencang," pungkasnya. Hujan lebat dipredikasi terjadi di wilayah Pinrang, Parepare, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, Takalar. (wal)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini