nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hujan Deras Sebabkan Tanggul Jebol, Permukiman dan Sawah Warga Cirebon Terendam

Fathnur Rohman, Jurnalis · Kamis 03 Januari 2019 19:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 03 525 1999623 hujan-deras-sebabkan-tanggul-jebol-permukiman-dan-sawah-warga-cirebon-terendam-P3G0ubS7F4.jpg

CIREBON - Hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, pada Rabu (2/1/2019) malam, membuat puluhan rumah di Blok Pager Toya, Desa Suranenggala Kulon terendam banjir.

Dari pantauan langsung Okezone, beberapa rumah terendam air dengan ketinggian sekitar 50 cm, atau semata kaki orang dewasa. Selain merendam rumah, puluhan hektar sawah di wilayah tersebut juga ikut terendam.

"Hujan kemarin itu deras sekali, bahkan sawah saya yang luasnya satu hektar terendam. Kalau begini saya rugi juga," ujar salah seorang petani, Munadi (50) kepada Okezone, Kamis (3/1/2019).

Tak hanya merendam pemukiman dan area persawahan warga, hujan deras yang mengguyur wilayah Cirebon tersebut, membuat sebuah tanggul di sungai Winong, di Desa Panguragan Wetan Cirebon, jebol sepanjang 10 Meter. Akibatnya, beberapa rumah di Desa Gujeg, terendam air.

Korlap Pusdalops BPBD Kabupaten Cirebon Faozan mengungkapkan, penyebab jebolnya tanggul tersebut, terjadi karena debit air yang naik setelah hujan deras kemarin.

"Telah terjadi tanggul jebol sekitar 10 meter lebarnya. Air sangat deras dan mengarah ke Desa Gujeg," ungkap dia.

Hingga saat ini, BPBD Kabupaten Cirebon dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) tengah melakukan penanganan terhadap tanggul yang jebol tersebut, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini