nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cerita Tim SAR Temukan Pendaki Dalam Kondisi Kedinginan di Gunung Bawakaraeng

Herman Amiruddin, Jurnalis · Kamis 03 Januari 2019 04:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 03 609 1999218 cerita-tim-sar-temukan-pendaki-dalam-kondisi-kedinginan-di-gunung-bawakaraeng-AJYCISFyTo.jpg Foto Istimewa

MAKASSAR - Tim SAR gabungan menemukan dua pendaki yang laporkan tersesat di gunung Bawakaraeng di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Keduanya ditemukan dalam kondisi kedinginan dan kelaparan di antara pos 5 dan pos 6 jalur pendakian yang dikenal gunung keramat tersebut.

Komandan Tim Search And Rescue Unit (SRU) 1 Arham mengatakan korban ditemukan tepat pukul 10.00 Wita pagi tadi. Posisi korban diantara pos 5 dan 6 jalur pendakian.

"Keadaan korban saat kami temukan dalam keadaan dingin dan kelelahan," kata Arham kepada Okezone, Rabu (2/1/2019).

 (Baca juga: 2 Pendaki yang Tersesat di Gunung Bawakaraeng Berhasil Ditemukan)

Selain itu perbekalan yang dibawa sudah menipis saat keduanya ditemukan oleh tim SAR. Tim SAR pun lalu mengevakuasinya ke Lembanna kaki Gunung Bawakaraeng melalui posko Bulu Ballea.

"Jadi saat kami temukan kami langsung mengevakuasi korban ke tempat yang lebih aman ke dataran Lembanna kaki gunung Bawakaraeng. Ransumnya sudah menipis," ujar Arham.

 pendaki

Untuk kendala yang dihadapi saat evakuasi korban di gunung Bawakaraeng ini yang pertama hujan dan badai.

"Jadi diantara 4 sampai 5 meter, kami masih bisa melihat. Lebih dari itu kami tidak bisa melihat," ungkapnya

 (Baca juga: Basarnas Bentuk Tim untuk Cari 2 Pendaki Tersesat di Gunung Bawakaraeng)

Sementara itu, Humas Kantor SAR Makassar Ade Hamsidar mengatakan korban ditemukan selamat diantara pos 5 dan 6 jalur pendakian Gunung Bawakaraeng.

"Sekarang sudah evakuasi. Tim yang berada di posko bulu Ballea kemudian membawa turun dua pendaki," kata Hamsidar kepada Okezone Rabu 2 Januari 2019

Adapun dua nama pendaki yang dilaporkan tersesat yakni Nur Isma Wahyuni seorang perempuan berusia 18 tahun warga Jalan Jambu Pangkep berstatus sebagai mahasiswa Poltek Pangkep

Selanjutnya Wahyudi alias Ahsan laki-laki (17) warga Mairo Kelurahan Ela-ela Kecamatan Ujungbulu Kabupaten Bulukumba. Ia seorang siswa kelas 12 SMA Negeri 9 Bulukumba.

Mereka berjumlah 9 orang melakukan pendakian ke Gunung Bawakaraeng untuk menyambut malam pergantian tahun baru 2019. Namun saat hendak turun dari puncak gunung dua orang pendaki dilaporkan tersesat.

Dan dua orang lagi mengalami Hyportermia di Pos 5 jalur pendakian. Sementara yang lainnya sudah turun mencari bantuan.

"Berangkat pada 30 Desember 2018. Namun saat turun dari puncak dua diantaranya tersesat dan dua lainnya mengalami hyportermia di pos 5 antara pos 6 jalur pendakian," terang Hamsidar

Hamsidar menyebutkan tim SAR gabungan yang terlibat pencarian yakni Sar UNM 5 orang Sar, Antariksa 1 orang,Sar pemuda 2 orang, dan Sar Locus 5 orang.

Selanjutnya Sar Unibos 1 orang KSR 102 UMI 3 orang, Rapi Gowa 3 orang, personil Polsek Tinggi Moncong 5 orang dan Koramil Tinggi moncong 3 orang dan masyarakat setempat.

"Mereka unsur yang terlibat bergabung dengan tim Basarnas 8 orang dan selebihnya potensi sar lainnya," kata Hamsidar.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini