nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terowongan Tambang Ilegal di Afghanistan Runtuh, Tewaskan 30 Penambang

Indi Safitri , Jurnalis · Senin 07 Januari 2019 12:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 07 18 2000954 terowongan-tambang-ilegal-di-afghanistan-runtuh-tewaskan-30-penambang-ZleBON8xeA.jpg Ilustrasi.

KABUL – Sedikitnya 30 warga Afganistan tewas pada Minggu, 7 Januari saat terowongan tempat mereka menambang emas di utara Afghanistan runtuh. Berdasarkan keterangan polisi, terowongan di Distrik Kohistan, Provinsi Badakshan tersebut runtuh karena longsor.

menurut keterangan pihak berwenang, para korban merupakan penduduk desa yang menambang emas secara ilegal, bukan dalam proyek pemerintah.

“Penduduk desa yang miskin selama musim dingin mencoba untuk mengompensasi pendapatan mereka dengan melakukan penambangan ilegal. Mereka menggali terowongan untuk memasuki tambang,” ujar Juru Bicara Gubernur Provinisi Nek Mohammad Nazari selaku juru bicara gubernur Badakshan sebagaimana dilansir Reuters Senin (7/1/19).

Juru Bicara Kepolisian provinsi Badakhshan, Sanaullah Rohani mengatakan, insiden itu disebabkan oleh tanah longsor yang terjadi disaat salju turun dengan lebat. Tanah longsor sering terjadi di provinsi pegunungan utara Afghanistan.

Rohani mengatakan sekitar 50 penambang ilegal berada di lokasi pertambangan ketika insiden itu terjadi dan dua tim penyelamat langsung dikerahkan untuk membantu korban luka-luka. Dia mengatakan bahwa selain 30 korban tewas, tujuh korban lainnya mengalami luka-luka.

Tahun lalu pemerintah Afghanistan menandatangani dua kontrak untuk eksplorasi deposit tembaga dan emas di provinsi utara. Hal itu dilakukan untuk mencegah penambangan ilegal dan menjauh dari ketergantungannya pada bantuan asing dengan memanfaatkan sumber daya alamnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini