Share

Jelang Debat Pilpres, Prabowo-Sandi Diminta Perhatikan soal Criminal Justice System

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Selasa 08 Januari 2019 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 08 605 2001633 jelang-debat-pilpres-prabowo-sandi-diminta-perhatikan-soal-criminal-justice-system-sX6qVMBSQG.jpg Diskusi Prabowo-SAndi (Foto: Harits/Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat pertama terhadap calon presiden dan calon wakil presiden pada 17 Januari 2018. Adapun debat yang bertema Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), Korupsi dan Terorisme.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nasir Djamil menilai pemilihan tema debat pertama capres-cawapres oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sangat tepat. Mengingat tema tersebut merupakan bagian terpenting di dalam sebuah negara.

“Tema pertama di debat merupakan jantungnya negara, soal hukum, HAM korupsi, dan terorisme. Karena kami menilai bahwa martabat negara sangat tergantung dengan penegakan hukum,” kata Nasir dalam diskusi di Media Center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, Selasa (8/1/2019).

Baca Juga: Prabowo Subianto Dijadwalkan Kunjungi Korban Gempa dan Tsunami di Sulteng

PRabowo

Anggota Komisi III DPR RI ini memaparkan bilamana berbicara mengenai hukum, pastinya akan berkesinambungan dengan regulasi, aparat, sarana-prasarana dan budaya hukum di masyarakat.

Saat ini ia menilai keempatnya hal itu belum berkesinambungan secara baik. Hal ini terbukti sistem hukum di Indonesia yang masih tak berjalan sebagaimana mestinya.

“Dalam konteks penegakan hukum ada polisi, Jaksa, Hakim dan petugas lapas. Ini Criminal Justice System, Kalau empat ini bagus, bagus semuanya?,” tegas dia.

Selain itu, dirinya berharap nantinya dalam debat 17 Januari nanti baik Prabowo dan Sandiaga dapat membahas secara rinci mengenai Criminal Justice System yang merupakan sebuah regulasi penting didalam menuju hukum yang baik di Indonesia.

“Mudah-mudahan pak Prabowo dan bang Sandiaga bisa memikirkan ini, menurut saya empat sistem yakni regulasi, aparat, sarana-prasarana dan budaya hukum itu penting,” tandasnya.

Prabowo

Baca Juga: JK: Capres Belum Efektif Sampaikan Visi Misi, Akhirnya Perilaku yang Dikritik

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini