Marak Hoaks di Tahun Politik, Sindonews Luncurkan Kanal "Pemilu Cerdas"

Witri Nasuha, Jurnalis · Kamis 10 Januari 2019 22:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 10 605 2002836 marak-hoaks-di-tahun-politik-sindonews-luncurkan-kanal-pemilu-cerdas-kQsm2kBQMy.jpg Peluncuran Kanal Pemilu Cerdas (foto: Witri/Okezone)

JAKARTA - Jelang Pemilu 2019, Sindonews sebagai salah satu portal online meluncurkan kanal "Pemilu Cerdas," pada Kamis (10/1/2019)di Auditorium Gedung Sindo, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Peluncuran kanal "Pemilu Cerdas" ini sebagai bentuk meredam segala potensi konflik yang muncul karena maraknya berita bohong atau hoaks melalui media sosial di tahun politik ini.

(Baca Juga: Serangan Hoaks Dinilai Tak Goyang Elektabilitas Jokowi) 

Sindonews Luncurkan Kanal Pemilu Cerdas (foto: Witri/Okezone)

Pemimpin Redaksi Koran Sindo dan Sindonews, Djaka Susila, mengungkapkan, kanal ini dapat menjadi referensi berita pemilu yang tercepat dan terpercaya serta anti-hoaks.

"Kanal Pemilu Cerdas ini, sebagai bentuk upaya untuk meredam segala potensi konflik dengan merencanakan, memetakan, dan melakukan upaya antisipasi di antaranya melalui kampanye anti-hoaks, pemilu damai dan sosialisasi pemilih cerdas," ujar Djaka.

Dia berharap, Pemilu 2019 nanti selain melahirkan pemimpin-pemimpin yang diinginkan masyarakat, juga mampu membuka mindset masyarakat bahwa demokrasi dapat dibangun melalui cara-cara yang cerdas.

"Di sini kami berperan untuk menyeimbangkan demokrasi secara cerdas. Lewat kanal inilah bentuk sumbangsih dari kita sebagai media massa yang memiliki tanggung jawab untuk memberikan sesuatu yang baik untuk kita dan semoga Pemilu 2019 nanti dapat berjalan dengan baik menghasilkan pemimpin yang baik," urai Djaka.

Sementara Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, turut mengapresiasi peluncuran kanal Pemilu Cerdas di Sindonews. Menurut dia, kanal tersebut selain memberikan informasi lewat berita yang dimuat dapat pula mengedukasi pembaca untuk menggunakan hak pilihannya jelang pemilu serentak mendatang.

"Saya mengucapkan selamat dengan adanya kanal pemilu di Sindonews.com. Pertama ini menjadi energi positif untuk menyebarkan informasi tentang pemilu. Kedua saya berharap tidak hanya memberikan informasi dalam bentuk berita tetapi mengedukasi pemilih yang nantinya menggunakan hak pilihannya. Saya berharap kanal pemilu ini bisa menyebarkan pendidikan politik juga kepada para pembaca," papar Arief.

(Baca Juga: Menangkan Jokowi dan Lawan Hoaks, PSI Akan Keliling Jawa Barat) 

Sindonews Luncurkan Kanal Pemilu Cerdas (foto: Witri/Okezone)

Selain Arief Budiman, peluncuran kanal Pemilu Cerdas turut dihadiri oleh sejumlah tokoh seperti Komisioner Bawaslu Mochammad Afifuddin, Kepala Divis Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal, serta pengamat politik Gun Gun Heriyanto, serta hadir pula tim pemenangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 dan 02.

Kehadiran mereka dalam peluncuran Kanal Pemilu Cerdas ini juga sekaligus sebagai narasumber dalam Round Table Discussion Pemilu Cerdas Tanpa Baper dengan tema "Berbeda Pilihan Itu Biasa".

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini