Politikus PDIP Tepis Ocehan Sandiaga soal Pangan

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Jum'at 11 Januari 2019 21:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 11 605 2003357 politikus-pdip-tepis-ocehan-sandiaga-soal-pangan-s7Nxkf4q3M.jpg Cawapres Sandiaga Uno (Foto: Ist)

JAKARTA - Anggota Komisi IV DPR dari Fraksi PDIP Ono Surono menepis pernyataan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Sandiaga Uno yang mengkritik kinerja pemerintah khususnya Kementerian Pertanian (Kementan). Sebab, ia menilai kinerja Kementan dalam menjaga stabilitas pangan sudah baik.

"Coba pantau langsung ke lapangan, ke pasar, rata-rata harga pangan masih relatif stabil. Tidak terdengar ada gejolak harga pangan yang drastis, kan tidak ada lonjakan harga pangan hingga membuat masyarakat teriak," ujar Ono kepada wartawan, Jakarta, Jumat (11/1/2019).

Menurut Ono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman selama ini telah bekerja secara baik dan memiliki kemampuan untuk merealisasikan keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Yakni, dalam menjaga stabilitas harga pangan dengan menjaga produkivitas pasokan komoditas.

(Baca Juga: Bawaslu Hentikan Kasus Pose Dua Jari Anies Baswedan)

Hal tersebut bisa dilihat dari data sektor pertanian yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS). Stabilnya harga pangan menandakan produksi pangan mampu terus ditingkatkan di pasaran sehingga ketersediannya tercukupi.

"Kan data BPS jelas. Lihat saja inflasi pangan per Desember tahun 2018 yang 0,68 persen. Bandingkan saat tahun 2017 yakni 1,26 persen. Tahun 2013 itu inflasi pangan 11,35 persen, lalu tahun 2014 adalah 10,57 persen. Jadi ada tren penurunan inflasi," ujarnya.

Sandiaga

Ono menuturkan, kinerja Amran juga bisa dilihat saat momentum libur akhir tahun dan hari besar keagamaan, seperti Idul Fitri dan Idul Adha. Ia mampu menjaga pasokan pangan.

"Kementerian Pertanian kan berhasil mengendalikan harga saat libur akhir tahun kemarin. Pasokan pangan juga cukup. Begitu juga ketika Lebaran dan Idul Adha kan," katanya.

(Baca Juga: Ketua BPN Prabowo: Kalau Bu Mega Pusing Minum Bodrex)

Stabilnya harga pangan, ujar Ono, tak terlepas dengan komitmen Amran dalam memudahkan jalur distribusi agar tepat waktu sampai ke pasaran. Amran juga merupakan sosok yang berani dalam melawan mafia pangan.

"Salah satu upayanya mungkin dipraktikkan melalui jalur distribusi pangan bukan mainan mafia pangan. Sehingga harga stabil dan cepat sampai," ujarnya.

Ono menilai, kinerja Amran bukan hanya dirasakan manfaatnya oleh konsumen dan pedagang, namu juga petani dengan naiknya nilai tukar petani (NTP) tahun 2018 sebesar 0,04 persen.

Seperti diketahui, Sandiaga Uno mengkritisi kerja Kementan. Menurutnya Kementan begitu rumit dalam menyusun rantai distribusi pangan yang berdampak pada mahalnya harga pangan di pasaran. Bahkan, distribusi pangan juga dinilai tak menerapkan keadilan.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini