nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Di Depan Para Pengemudi Online, Jokowi: Inovasi Dibangun Lebih Cepat dari Aturannya

Fakhri Rezy, Jurnalis · Sabtu 12 Januari 2019 14:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 12 337 2003526 di-depan-para-pengemudi-online-jokowi-inovasi-dibangun-lebih-cepat-dari-aturannya-S8YpugazPs.jpg Jokowi di Depan pengendara Online (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) blak-blakan kepada para pengemudi online saat bersilaturahmi di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (12/1/2018). Kata dia, saat ini inovasi dibangun lebih cepat dari aturannya.

"Tetapi memang kita harus ngomong apa adanya bahwa inovasi dibangun lebih cepat dari pada peraturannya, daripada regulasinya," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, seharusnya inovasi moda transportasi daring ini harus diimbangi dengan regulasi dan peraturan-peraturan yang ada.

 Baca juga: Pekan Depan Ribuan Pengemudi Ojek Online Serbu Istana Negara

Ia melanjutkan, persoalan regulasi moda transportasi online ini tidak hanya terjadi di Indonesia. Melainkan, hampir semua negara yang bertransformasi di bidang transportasi ini.

 Jokowi

"Tidak hanya di Indonesia, tapi semua negara tertatih-tatih, barangnya sudah keluar, regulasinya belum siap, aturannya belum siap. Semua negara, jangan dikira hanya di Indonesia saja, di semua negara semua itu," ucap Kepala Negara.

 Baca juga: Menhub Prihatin Aksi Unjuk Rasa Driver Online Sebabkan Kemacetan

Jokowi menginginkan semua pengemudi ojek dan taksi online senang dengan adanya payung hukum yang jelas terkait dengan profesinya.

Ia pun menginstruksikan Menhub Budi Karya Sumadi untuk menyiapkan regulasi sebagai payung hukum bagi profesi pengemudi transportasi online tersebut.

"Oleh sebab itu, saya perintahkan tahun yang lalu kepada Menhub, segera siapkan regulasi, siapkan peraturan, agar ada payung hukum yang jelas. Dan sudah keluar, regulasinya sudah keluar, baru keluar 1 peraturan menteri tahun 2018, peraturan menteri 118 tentang penyelenggaraan angkutan khusus," jelasnya.

 Baca juga:Demo Driver Grab di Gedung Lippo Kuningan Ricuh

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta para pengemudi transportasi online ini bisa bekerja dengan tenang karena telah adanya payung hukum dari pemerintah.

Dia juga meminta agar juru mudi transportasi online bisa bekerja dengan hati-hati agar tidak mengalami kecelakaan dalam bekerja.

"Saya titip hati-hati karena Bapak, Ibu sekalian, saudara-saudara sekalian itu memiliki keluarga. Jangan sampai karena kecerobohan, nyetir sambil terima order, sehingga menyebabkan kelalaian dan kecelakaan. Saya titip ini saja," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini