KPU Tak Akan Fasilitasi Capres-Cawapres Tes Baca Alquran

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 15 Januari 2019 15:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 15 605 2004785 kpu-tak-akan-fasilitasi-capres-cawapres-tes-baca-alquran-fJW1X1jotY.jpg Komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan. (Dok Okezone)

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengapresiasi sikap warga Aceh yang ingin mengadakan tes baca Alquran kepada calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di Pemilu 2019.

Namun, penyelenggara pemilu itu tidak akan memfasilitasi pasangan capres dan cawapres tersebut untuk mengikuti tes baca Alquran.

"Kami menyambut baik prakarsa itu karena itu sebagai bentuk partisipasi warga. Tetapi perlu diketahui bahwa dalam UU dan Peraturan KPU dan dalam peraturan perundang-undangan secara umum, tidak diatur tentang hal itu," ujar Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Wahyu menerangkan, berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu), tak ada kewajiban bagi pasangan calon untuk tes baca Alquran.

Karena itu, KPU menyerahkan kepada pasangan calon untuk mau mengikuti atau tidak ajakan tes baca Alquran dari Ikatan Dai Aceh (IDA) itu.

Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandi. (Foto: Okezone)Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandi. (Foto: Okezone)

"KPU tidak bisa mengatur itu. Kami kembalikan kepada pasangan calon masing-masing," kata Wahyu.

Sebelumnya, IDA mendatangi kantor Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi dan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf. Mereka menagih jawaban atas permintaan IDA untuk tes membaca Alquran.

(Baca Juga : Terkait Tes Baca Alquran, Ikatan Dai Aceh Tunggu Jawaban Kubu Prabowo)

Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak memastikan Prabowo-Sandi akan menjalankan tersebut. Asalkan, tes itu dilakukan oleh KPU.

Sementara itu, TKN Jokowi-Ma'ruf mengaku pasangannya siap mengikuti tes itu.

(Baca Juga :  Gelar Tes Baca Alquran, Ikatan Dai Aceh: Untuk Meredam Pertikaian Pilpres 2019)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini