Polri Kawal Ketat Proses Distribusi Surat Suara Pemilu 2019

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Senin 21 Januari 2019 16:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 21 605 2007359 polri-kawal-ketat-proses-distribusi-surat-suara-pemilu-2019-qM0PVQHJWc.jpg Contoh surat suara Pemilu 2019. (Foto : Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA – Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 tinggal dalam hitungan bulan. Berbagai proses dan tahapan saat ini terus dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), salah satunya adalah pencetakan surat suara.

Setelah dicetak, surat-surat suara itu didistribusikan ke seluruh penjuru Indonesia. Terkait hal tersebut, Polri akan turun tangan untuk melakukan pengawalan ketat guna mengamankan proses penyebaran surat suara.

"Pendistribusian surat suara ini dari mulai titik pendistribusian yang akan didistribusikan ke provinsi itu dikawal. Misalnya yang ada di Jakarta mau didistribusikan ke Aceh misalnya, dari Polda Aceh satgasnya sudah ada," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, di kantornya, Jakarta, Senin (21/1/2019).

Setelah masuk ke salah satu provinsi di Indonesia, Dedi menyebut, pihaknya akan ikut mengamankan penghitungan surat suara yang dilakukan KPU dan pihak terkait. Polri, kata Dedi, akan mengawal ketat proses dari pendistribusian surat suara itu.

"Sudah ditunjuk, cek lagi, lengkap, kendaraan semua siap, baru dikawal sampai pendistribusian di provinsi," tutur Dedi.

Contoh surat suara Pemilu. (Arif Julianto/Okezone)

Sementara itu, Polri memastikan akan terlibat dalam segala bentuk pengamanan proses pesta demokrasi lima tahunan itu. Sampai akhirnya, pada proses pencoblosan berlangsung. Di sisi lain, Polisi juga akan dibantu TNI untuk mengawal proses pemilu.

"Sampai dengan ke tingkat nanti di PPS maupun di TPS. Artinya, seluruh prosedur untuk pengamanan dari mulai surat suara dicetak sampai pendistribusian, sampai TPS, semuanya dikawal dengan ketat oleh petugas kepolisian dan tentunya dibantu KPU dan juga dari rekan kami dari TNI," papar Dedi.

(Baca Juga : 64 Ribu Personel Polisi Siap Amankan Proses Pencetakan Surat Suara Pemilu)

Di sisi lain, Polri mengerahkan 64.666 personel untuk mengamankan proses pencetakan surat suara Pemilu serentak 2019 mendatang. Jumlah itu melibatkan sepertiga kekuatan Polri di Indonesia yang berjumlah 194.000

"Kalau secara umum ditahapan pencetakan surat suara sepertiga kekuatan jumlah personel 194.000 personel itu sepertiganya," tutup Dedi.

(Baca Juga : DKPP Beri Sanksi Komisioner KPU Tangsel karena Terlibat Kepengurusan Parpol)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini