nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyelundupan 3 Mobil Mewah Bekas dari Singapura Senilai Rp4 Miliar Berhasil Digagalkan

Aini Lestari, Jurnalis · Selasa 22 Januari 2019 16:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 22 340 2007899 penyelundupan-3-mobil-mewah-bekas-dari-singapura-senilai-rp4-miliar-berhasil-digagalkan-jhMyhPGbU1.jpg Mobil Mewah Bekas dari Singapura Diselundupkan ke Batam (foto: Aini L/Okezone)

BATAM- Tim gabungan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV melalui Tim Unit I Kejahatan dan Kekerasan Laut (Jatanrasla) bersama Dinas Pengamanan Angkatan Laut (Dispamal) dan Satgas Bais TNI berhasil mengagalkan upaya penyeludupan mobil mewah dari Singapura di Batam Center, Batam, Kepulauan Riau.

Komandan Lantamal IV, Laksamana Pertama R. Eko Suyatno, melalui Kadispen Lantamal IV, Mayor Laut (KH) Martdianus Samuel Pontoh mengatakan, tim gabungan beranggotakan 11 orang yang terdiri dari 2 orang Tim Satgas Bais TNI dan 9 orang at Unit I Jatanrasla Lantamal IV langsung melakukan pemeriksaan ke gudang Batam Trans usai menerima laporan tersebut.

"Tim ke lokasi dan saat itu gudang dijaga oleh seseorang berinisial P. Gudang ini diketahui milik seseorang berinisial LT yang berada di Batam," kata Eko, Selasa (22/1/2019).

Dia menambahka, ketiga mobil mewah tersebut ditaksir memiliki harga yang cukup fantastis. "Meskipun tergolong mobil bekas dan tahun lama, namun mobil ini merupakan mobil mewah yang memiliki nilai ekonomi sangat tinggi. Kami memperkirakan ketiga mobil ini memiliki nilai mencapai Rp4 miliar," tegas dia.

(Baca Juga: Polisi Bekuk 2 Penjual Cula Badak di Lampung) 

Mobil Mewah Bekas dari Singapura Diselundupkan ke Batam (foto: Aini L/Okezone)	Mobil Mewah Bekas dari Singapura Diselundupkan ke Batam (foto: Aini L/Okezone)

Menurut dia, upaya penggagalan penyelundupan mobil mewah ini merupakan bentuk tindak lanjut sinergitas antar instansi seperti yang disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani saat berkunjung ke Batam beberapa waktu lalu.

"Kami berupaya meningkatkan pengawasan terhadap masuknya barang-barang bekas yang memang tidak diperbolehkan dalam aturan kepabeanan," urai dia.

Hingga saat ini, lanjut Eko, pihaknya masih melakukan pengembangan guna mengetahui pelaku pengirim kelima mobil bekas dari Singapura tersebut ke Indonesia. Pihaknya juga tengah memeriksa sejumlah pihak guna mendapatkan informasi tersebut.

Ketiga unit mobil tersebut hingga saat ini masih tersimpan dalam kontainer yang tersusun rapi dan rapat. Dua kontainer yang berisi mobil Nissan Skyline GTR33 warna putih tahun 2000 dan Nissan Skyline GTR 34 tahun 2000 terletak bersebelahan.

Sedangkan satu kontainer lainnya yang berisi mobil Vantera warna merah tahun 1972 berada terpisah dan berjarak satu kontainer lainnya.

(Baca Juga: Penyelundupan Timah Balok Diduga Milik Oknum Satpol PP Terbongkar) 

Mobil Mewah Bekas dari Singapura Diselundupkan ke Batam (foto: Aini L/Okezone)	Mobil Mewah Bekas dari Singapura Diselundupkan ke Batam (foto: Aini L/Okezone)

Lokasi gudang ini dijaga ketat oleh jajaran F1QR Lantamal berseragam lengkap dan bersenjata laras panjang. Lokasi ini tampak lengang dan tidak ada aktifitas apapun. Kantor administrasi gudang yang terletak di sisi kiri juga tampak kosong.

Tak satupun karyawan PT Batam Trans tampak di lokasi gudang. Hanya terlihat beberapa orang pekerja peti kemas yang duduk di area gudang.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini