nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penipuan Modus Uang Receh Beroperasi di Yogyakarta, Mahasiwa Ini Jadi Korban

krjogja.com, Jurnalis · Selasa 22 Januari 2019 14:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 22 510 2007828 penipuan-modus-uang-receh-beroperasi-di-yogyakarta-mahasiwa-ini-jadi-korban-JOaVmIt1As.jpg Ilustrasi Foto/Okezone

SLEMAN – Peniupan dengan modus menukarkan uang receh terjadi di Yogyakarta. Salah satu yang menjadi korban adalah Raden Mahmud Wijaya, seorang mahasiswa Negeri Yogyakarta, (21).

Ia tertipu oleh orang misterius yang ditemuinya pada Minggu 20 Januari 2019, sekira pukul 08.30 WIB.

Mengutip KR Jogja, Selasa (22/1/2019) Raden bertemu dengan seorang bapak yang mengenakan topi dan jaket. Ia memperkirakan umur bapak itu 40 tahun.

“(Bapak) itu ingin menukar receh, saya kasih Rp10.000, ternyata bapaknya mintanya Rp1,5 juta. Katanya dia butuh duit cepet karena temannya kecelakaan,” kata Mahmud.

Saat kejadian, pelaku mengatakan jika temannya sedang dirawat di rumah sakit. Karena iba, Mahmud menyerahkan uang senilai Rp1,5 juta, sedangkan orang tersebut menyerahkan uang receh yang dimasukkan ke dalam tas plastik bening.

Mahfud juga ingat jika pelaku mengatakan bekerja di salah satu toko apotek. Bahkan pelaku meninggalkan nama dan nomor ponsel, meski belakangan diketahui tidak bisa dihubungi. Pelaku pergi dengan cepat.

“Saya seperti tidak sadar seutuhnya pas ngasih uang itu. Sadarnya ketika ibu-ibu penjual bubur di depan toko menyentak saya,” kata Mahfmd.

Mahmud kemudian mengecek grup Info Cegatan Jogja (ICJ), ternyata ada korban lain selain dirinya. “Modusnya sama, teknik penipuannya juga sama, ciri-ciri pelaku juga sama persis,” ujar dia.

Dia berharap pengalaman ditipu dengan modus uang receh tidak terjadi pada orang lain.

“Saya berharap pihak berwajib segera menangani kasus ini dengan cepat dan segera menangkap pelakunya supaya tidak ada korban lagi,” ujarnya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini