Tersangka Pembakaran Rumah Bantuan SBY Diringkus

Azhari Sultan, Okezone · Rabu 23 Januari 2019 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 23 340 2008333 tersangka-pembakaran-rumah-bantuan-sby-diringkus-SjR0Wa5fh0.jpg Polisi tangkap Riko Mahendra, pelaku pembakaran rumah (Foto: Azhari Sultan)

JAMBI - Riko Mahendra (20), tersangka pembakaran rumah di RT 39, Kelurahan Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kotabaru, Jambi pada Desember 2018 tidak dapat kabur lagi. Petugas Polsek Kotabaru berhasil menciduk pelaku.

Menurut Kapolsek Kotabaru AKP Andi Zulkifli, tersangka ini sempat melarikan diri ke Kabupaten Bungo sebelum akhirnya ditangkap di kawasan Pasirputih, Jambi Selatan pada Senin 21 Januari.

"Ada informasi dari masyarakat, bahwa pelaku berada di Kota Jambi. Akhirnya, tim ke sana dan ternyata tersangka ada. Saat kita tangkap, tersangka pasrah tanpa perlawanan," ungkapnya kepada sejumlah media, Rabu (23/1/2019).

(Baca Juga: Restoran di Jalan Pemuda Pulogadung Terbakar, Diduga Disebabkan Gas Elpiji Bocor

Ilustrasi

Informasi yang didapat, tersangka melakukan pembakaran karena ada masalah pribadi kepada salah satu anggota keluarga yang ada di rumah yang dibakar tersebut.

Sebelum terjadi kebakaran, Riko sempat bersitegang dan cekcok. Pelaku yang lagi emosi, terus meraih lampu yang ada minyaknya. Kemudian, dia nekat membakar baju dan melemparkannya ke sofa yang ada di ruang tamu.

Akibatnya, rumah yang merupakan bantuan Presiden Susilo Bambang Yidhoyono (SBY) terbakar. Angin yang cukup kencang di lokasi membuat api membesar dan tidak dapat dikendalikan lagi.

Tidak itu saja, tiga unit rumah yang berdekatan dengan rumah korban turut ludes terbakar. "Karena rumah itu semi permanen jadi cepat terbakar," tukas Andi.

Melihat rumahnya menjadi amukan si jago merah, tersangka yang merupakan warga setempat bergegas pergi dengan menggunakan motor yang dimilikinya tanpa menoleh lagi.

(Baca Juga: Anies Sediakan Hunian Sementara untuk Korban Kebakaran di Tomang

Diakui Kapolsek, sedikit kesulitan memecahkan motif pelaku. Pasalnya, tersangka tersebut banyak menutup diri. "Agak payah, tapi kita coba desak terus apa sebenarnya penyebabnya dia bakar itu," tegasnya.

Sedangkan kepada media, Riko Mahendra mengaku tidak menyangka akibat perbuatannya tersebut menyebabkan empat rumah hangus dan ludes diamuk si jago merah hingga rata dengan tanah.

"Saya gak kepikiran kalau akibatnya begini bang," ujarnya tertunduk malu seraya penuh penyesalan.

Ia mengaku, ada persoalan pribadi antara dirinya dan kakak dari salah satu warga di rumah tersebut yang juga masih keluarga yang menjadi pemicunya. "Masalah pribadi saja," ujar Riko.

Untuk diketahui, empat unit rumah yang terbakar akibat ulah pelaku merupakan bantuan dari SBY. Akibat kebakran tersebut, sebanyak empat kepala keluarga yang terdiri dari 13 jiwa kehilangan tempat tinggal.

Keempat kepala keluarga tersebut l, yakni Marzuki sebanyak 3 jiwa, Damendra sebanyak 4 jiwa, Ilen sebanyak 3 jiwa dan Rika sebanyak 3 jiwa. Beruntungnya, peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Hanya saya, kerugian yang dialami diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Akibat perbuatanya tersebut, tersangka terancam penjara selama 5 tahun, yakni sesuai Pasal 178 KUHPidana.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini