nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ponpes Buntet Cirebon Sepakat Jaga NKRI Usai Dikunjungi Kapolri dan Panglima TNI

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Sabtu 26 Januari 2019 00:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 26 525 2009609 ponpes-buntet-cirebon-sepakat-jaga-nkri-usai-dikunjungi-kapolri-dan-panglima-tni-TRrWUOuiqe.jpg Foto Istimewa

JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Buntet, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (25/1/2019). Kegiatan ini, merupakan momentum untuk menjaga silahturahmi antar-elemen masyarakat.

"Saya bersama Panglima TNI ingin mempererat tali silaturahmi dengan pengasuh serta santri Pondok Pesantren Buntet. Saya berterima kasih atas sambutan hangat dari saudara-saudara kita di Pondok Pesantren Buntet," kata Tito dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Jumat (25/1/2019).

Terkait kedatangan dua Jenderal itu, Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) KH. Adib Rofiudin Izza mengapresiasi dan bangga atas kunjungan Kapolri dan Panglima TNI di Ponpes Buntet. Pada kesempatan itu, Adib menegaskan pihaknya akan ikut menjaga kedaulatan NKRI.

"Saya dan seluruh santri yang ada di Ponpes Buntet akan turut berpartisipasi dalam menjaga kedulatan dan keutuhan NKRI, NKRI adalah harga mati," ucap Adib dalam kesempatan yang sama.

 sda

Pada kesempatan itu juga, Panglima TNI Hadi, menyampaikan di Ponpes Buntet ini, KH. Hasyim Ashari selain mengajari masalah agama juga membekali para santri dengan beladiri Tebu ireng, yang dikenal dengan laskar Hisbullah dan Fisabillah yang terlibat dalam upaya mempertahankan NKRI.

"Kita harus bersatu padu dalam keberagaman, kebhinekaan untuk menuju negara Indonesia yang semakin kuat. Perbedaan tidak menjadi halangan,tetapi untuk saling melengkapi dalam memperkuat keutuhan NKRI. Ponpes adalah tempat munculnya gagasan gagasan untuk memajukan negara dalam balutan keagamaan, sehingga peran para kyai dan para santri sangat sentral dalam upaya menjaga NKRI", papar Hadi.

Dalam kegiatan itu, turut hadir juga dalam kegiatan tersebut, Kepala Staf Angkatan Laut, Sesepuh Ponpes, Pangdam III siliwangi beserta Pejabat Utama, Kapolda Jabar beserta pejabat utama dan Bupati Cirebon.

 sdas

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini