nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hary Tanoe: Perindo Berdayakan Masyarakat Jadi Produktif dan Mapan

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 31 Januari 2019 05:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 31 525 2011691 hary-tanoe-perindo-berdayakan-masyarakat-jadi-produktif-dan-mapan-SYcjdAwv8W.jpg Ketua Umum Partai Perindo meracik mi ayam di Bandung, Jabar. Foto/Okezone

BANDUNG – Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo menyempatkan waktu mengunjungi penerima gerobak Perindo, seusai memberi Pembekalan Caleg Partai Perindo di Bandung, Jawa Barat, Rabu (30/1/2019).

Hary tampak mahir meracik sendiri mie ayam bakso, sambil berbincang dengan pedagang beromzet Rp45 juta per bulan yang merupakan binaan Partai Perindo tersebut.

Begitu cekatan, pria yang juga Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia itu selesai meracik mie ayam bakso yang aromanya menggugah selera.

Bersama Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq, Ketua DPW Partai Perindo Jawa Barat H.M Ferrari Nurrachadian dan Caleg Perindo Choky Sitohang serta masyarakat sekitar, Hary Tanoe asyik menyantap mi ayam bakso.

“Konsep membuat masyarakat produktif itu adalah membuat mereka mandiri. Contohnya, suami istri pedagang bakso ini selama 2 tahun mampu memperoleh omzet penjualan lebih dari Rp1 juta sampai 2 juta setiap hari,” ungkap Hary.

Foto/Okezone

Kalau rata-rata Rp1,5 juta per hari, lanjut Hary Tanoe, artinya dalam sebulan, itu berarti omzetnya menembus Rp45 juta per bulan. “Kalau keuntungannya 30%, penghasilan bersih mereka setiap bulan itu Rp13,5 juta,” tuturnya.

Angka itu dinilainya cukup besar dibandingkan rata-rata penghasilan masyarakat. Berkat Gerobak Perindo, pasangan suami istri pedagang bakso itu sanggup membiayai anaknya hingga ke perguruan tinggi, meski orangtuanya lulusan SMA atau SMP. "Pada saat mentas nanti, sang anak bisa berpenghasilan lebih besar lagi," tutur Hary Tanoe.

Dia mengungkapkan saat menggulirkan program Gerobak Perindo, yakni pemberian gerobak gratis ke seluruh Indonesia disertai pembinaan, pelatihan dan pendampingan beberapa tahun lalu, memang target itu yang ingin dicapai.

“Itulah konsep Perindo, memberdayakan masyarakat. Bukan memberi sesuatu kemudian habis, kemudian diberi lagi. Tapi, bagaimana membuat mereka produktif, mandiri, bisa tumbuh. Yang tadinya kelompok ekonomi lemah menjadi menengah, akhirnya menjadi mapan,” papar Hary Tanoe.

Foto/Okezone

Apabila semakin banyak masyarakat yang produktif, mandiri dan mapan, maka akan semakin banyak lapangan kerja tercipta, sehingga juga mampu menambah jumlah pembayar pajak baru setiap tahunnya. “Kalau itu masif dilakukan di Indonesia, maka Indonesia akan lebih cepat menjadi negara maju seperti yang kita idam-idamkan,” tuturnya.

Sementara itu, Choky Sitohang Caleg Perindo Dapil Jawa Barat 1 yang meliputi Kota Bandung dan Cimahi mengatakan Perindo mendorong masyarakat mengalami percepatan kesejahteraan.

"Gerobak Perindo adalah sebuah cara bagaimana masyarakat bisa berhasil," ungkapnya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini