nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Izin Buang Air Kecil, Napi Teroris di Aceh Kabur

Windy Phagta, Jurnalis · Sabtu 02 Februari 2019 16:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 02 340 2012936 izin-buang-air-kecil-napi-teroris-di-aceh-kabur-7RrPrs88wx.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

BANDA ACEH - Seorang narapidana terorisme Irwan (41) alias Wan Aneuk Geteu alias Abu Granat, melarikan diri dari Lapas Kelas II A Lhoksemawe setelah mengelabui petugas dengan alasan menjenguk mertua sedang sakit.

Irwan menjenguk mertuanya dengan dikawal oleh dua orang petugas sipir, di Desa Kecamatan Jeumpa, Bireuen sekira pukul 13.00 WIB, Rabu (30/1). Sebelumnya Irwan telah mengantongi izin untuk menjenguk mertuanya.

Saat di perjalanan sebelum tiba di rumah. Irwan mengeluh sakit perut dan ingin membuang air kecil. Lalu mereka berhenti di salah satu masjid kawasan kecamatan Jeumpa.

Dengan tangan terborgol Irwan kemudian pergi ke kamar mandi, namun setelah hampir 15 menit, sang napi tak kunjung keluar. Setelah diperiksa petugas ternyata kamar toilet kosong.

 sd

Kasat Reskrim Polres Lhokseumawe, Iptu Riski Andrian, membenarkan kaburnya Irwan.

“Iya Benar, dia tidak kunjung keluar dari kamar mandi. Saat dilakukan pengecekan ke dalam ternyata telah melarikan diri,” kata Riski, Sabtu (2/2/2019).

Petugas Lapas yang mengawal Irwan sempat melakukan pencarian di lokasi, hingga akhirnya melaporkan soal lolosnya napi terorisme tersebut ke Kalapas untuk dilakukan pencarian terhadap keberadaan Irwan.

Irwan tengah menjalani masa hukuman 4 tahun penjara, sejak mendekam 2017 lalu. Irwan terlibat dalam kasus teror bom Vihara Buddha Tirta, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, pada 6 November 2016 silam.

 sd

Sementara itu, Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Ery Apriyono, juga membenarkan adanya napi teroris yang kabur di Lapas Lhokseumawe. Kendati demikian, dia belum memberikan keterangan lengkap terkait kaburnya napi teroris tersebut.

“Info tersebut benar. Lebih tepatnya bisa langsung komunikasi dengan Kalapas dan Kapolres Lhokseumawe,” ujarnya.

Ery mengatakan, Polda Aceh saat ini telah ikut membackup proses pencarian dan melakukan penangkapan terhadap napi teroris tersebut.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini