Caleg Perindo Sosialisasi Program Bibir Sumbing Gratis di Tangsel

Hambali, Okezone · Sabtu 02 Februari 2019 20:39 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 02 606 2013031 caleg-perindo-sosialisasi-program-bibir-sumbing-gratis-di-tangsel-ATXkvVmIpR.jpg Caleg DPR RI Yudhistira Ikhsan Pramana Sosialisasikan Operasi Bibir Sumbing Gratis ke Masyarakat (foto: Hambali/Okezone)

TANGERANG SELATAN - Usai menggelar fogging di Kampung Poncol, Lengkong Wetan, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), Sabtu (2/2/2019). Sekjen Rescue Perindo yang juga Calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI Yudhistira Ikhsan Pramana, menyosialisasikan program operasi bibir sumbing gratis kepada masyarakat.

Yudhistira sendiri adalah Caleg DPR RI nomor urut 3, dengan daerah pemilihan Banten 3 yang meliputi Kota Tangerang, Kota Tangsel dan Kabupaten Tangerang. Program operasi bibir sumbing gratis itu murni ditawarkan dari dirinya pribadi, guna membantu masyarakat di sekitar Kota Tangsel.

(Baca Juga: Jalankan Visi Misi Partai Perindo, Caleg Ini Beri Pendampingan Hukum Korban Kedung Ombo) 

Caleg DPR RI Yudhistira Ikhsan Pramana, Sosialisasikan Program Operasi Bibir Sumbing Gratis kepada Masyarakat (foto: Hambali/Okezone)	Caleg DPR RI Yudhistira Ikhsan Pramana, Sosialisasikan Program Operasi Bibir Sumbing Gratis kepada Masyarakat (foto: Hambali/Okezone)

"Secara pribadi saya juga menawarkan bantuan kepada masyarakat tentang operasi bibir sumbing gratis. Nanti tinggal diajukan, cukup melampirkan foto terakhir, identitas KTP, dan Kartu Keluarga (KK)," kata Yudhis, di hadapan masyarakat Kampung Poncol.

Bibir sumbing atau disebut juga celah bibir bisa ditangani dengan pembedahan. Tujuannya agar memperbaiki kemampuan penderita untuk makan dan minum, berbicara dan mendengar secara normal, serta memiliki penampilan wajah sebagaimana pada umumnya.

Pada operasi bibir sumbing, tim medis akan membuat sayatan pada kedua sisi celah dan membuat lipatan jaringan yang kemudian disatukan dengan cara dijahit. Operasi ini akan membuat penampilan dan fungsi bibir menjadi lebih baik. Asalkan dikerjakan pada waktu yang tepat dengan kondisi tubuh yang baik.

"Mengabdi kepada masyarakat itu bisa melalui berbagai cara, membantu semaksimal mungkin apa yang bisa kita perbuat. Termasuk dengan menawarkan operasi bibir sumbing gratis, terlepas saya sedang menjadi Caleg atau bukan, ini murni bentuk kepedulian saya sebagai kader Partai Perindo," ujarnya.

Untuk diketahui, jumlah kasus baru bibir dan langit sumbing di Indonesia mencapai 7.500 per tahun. Sebanyak satu dari seribu kelahiran anak mengalami kelainan celah bibir.

(Baca Juga: DBD Mewabah, Caleg Perindo Intensifkan Fogging) 

Caleg DPR RI Yudhistira Ikhsan Pramana, Sosialisasikan Program Operasi Bibir Sumbing Gratis kepada Masyarakat (foto: Hambali/Okezone)

Menurut Riset kesehatan dasar (Riskesdas) tahun 2013, prevalensi anak berusia 24 sampai 59 bulan dengan satu jenis kelainan mencapai 0,53 persen, dengan persentase anak yang mengalami bibir sumbing sebesar 0,08 persen.

Bibir dan langit sumbing merupakan kondisi yang menyebabkan ketidaksempurnaan pada struktur bibir atau lelangit mulut. Hal itu terjadi, akibat gagalnya proses penyatuan bibir dan lelangit pada masa perkembangan janin, sehingga terdapat celah di antara rongga mulut dan rongga hidung.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini