Gereja Hancur Pasca-Gempa Mentawai, Jemaat Bangun Tenda untuk Ibadat

Rus Akbar, Okezone · Senin 04 Februari 2019 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 04 340 2013442 gereja-hancur-pasca-gempa-mentawai-jemaat-bangun-tenda-untuk-ibadat-flqjEEHwbm.JPG Menara gereja roboh pasca-gempa di Mentawai, Sumatera Barat (Foto: Rus Akbar/Okezone)

PADANG - Sebuah Gereja Kristen Protestan Mentawai (GKPM) milik Jemaat Kaute' Resort Sibaibai, Desa Taikako, Kecamatan Sikakap rusak parah pasca-gempa pada Minggu 3 Februari 2019 kemarin. Gempa sebelumnya menggoyang wilayah Pulau Pagai Utara dan Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar).

Alhasil, jemaat terpaksa membangun tenda darurat untuk aktivitas peribadatan mereka. Salah satu pendamping desa di Mentawai, Ferdinan Salamanang mengaku, mengetahui kabar robohnya salah satu bangunan gereja sejak Minggu 3 Februari 2019 kemarin.

Gereja Ambruk

“Jemaat terpaksa menjalankan kebaktian di halaman gereja dengan memakai tenda biru dan kursi-kusi dalam gereja dipindahkan ke luar,” kata dia kepada Okezone, Senin (4/2/2019).

Dia menuturkan, gereja ambruk sekitar pukul 17.59 WIB saat gempa ketiga terjadi dengan kekuatan 6 skala richter. Bahkan, menara gereja tersebut sampai tumbang.

Tenda Biru Jemaat Gereja

“Bagian menara gereja itu yang roboh dari bawah sampai ke atas, kemudian lantai gereja sudah retak dan terkelupas, tidak layak lagi dipakai. Tidak ada korban jiwa yang tertimpa dan rumah di sekitar gereja juga tidak mengalami kerusakan,” ucap Ferdinan.

Sementara sampai hari ini warga yang sempat mengungsi saat gempa pada Sabtu (2/2) lalu sudah kembali ke rumah warga, namun warga tetap waspada.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini