nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Pelajar SD Seberangi Sungai, MNC Peduli Bangun Jembatan Cipluk

Taufik Budi, Jurnalis · Rabu 06 Februari 2019 12:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 06 512 2014317 viral-pelajar-sd-seberangi-sungai-mnc-peduli-bangun-jembatan-cipluk-57Qb53kMt0.jpg MNC Peduli Bersama Lotte Mart Berhasil Membangun Jembatan Cipluk, Kendal, Jawa Tengah, untuk Membantu Aktivitas Masyarakat (foto: Taufik Budi/iNews)

KENDAL - Anak-anak sekolah yang menyeberang sungai di Kendal Jawa Tengah, viral di media sosial beberapa waktu lalu. Mereka harus bertaruh nyawa demi menuntut ilmu karena tak ada jembatan setelah putus tergerus arus. MNC Peduli bersama Lotte Mart hadir untuk membangun jembatan penghubung.

Dalam video yang diunggah ke Youtube, para pelajar-pelajar harus menyeberangi derasnya arus Sungai Cipluk agar dapat ke sekolah. Mereka harus menenteng sepatu sembari memegang tas kuat-kuat agar tak jatuh ke sungai. Dengan hati-hati kaki-kaki kecil mereka harus mampu berdiri kokoh sembari menjaga keseimbangan.

MNC Peduli Bangun Jembatan Cipluk, Jawa Tengah (foto: Taufik Budi/iNews)	MNC Peduli Bangun Bersama Lotte Mart Jembatan Cipluk, Jawa Tengah (foto: Taufik Budi/iNews) 

Anak-anak ini berasal dari Dusun Cipluk Timur, Desa Sidokumpul, Kecamatan Patean, Kendal. Tak hanya pelajar, warga juga harus menantang maut ketika hendak beraktivitas ke luar desa. Ibu-ibu yang menggendong anak tak kalah repotnya ketika berjuang keras menyeberang sungai. Ada pula nenek-nenek yang berpegangan pada tongkat untuk menopang tubuhnya agar tak terseret arus.

Itu adalah rekaman peristiwa dalam video yang diunggah sembilan bulan lalu oleh Sukoyo (52) warga Patean Kendal. Dia tergugah mendokumentasikan anak-anak dan warga setiap hari berjuang melawan derasnya arus sungai. Lantas, video yang disertai narasi suara bapak dua anak itu diunggah ke media sosial.

“Dalam waktu singkat, video pendek itu viral. Tak hanya satu, saya juga juga mengunggah video-video selanjutnya. Banyak kalangan yang menanyakan itu kejadian di mana. Hingga saya juga bertemu dengan Pak Syafril Nasution dari MNC. Dari situ saya sampaikan jika kondisi warga memang sangat membutuhkan. Respons beliau sangat bagus,” kata Sukoyo, Rabu (6/2/2019).

MNC Peduli Bersama Lotte Mart Bangun Jembatan Cipluk, Jawa Tengah (foto: Taufik Budi/iNews) MNC Peduli Bersama Lotte Mart Bangun Jembatan Cipluk, Jawa Tengah (foto: Taufik Budi/iNews) 

Sejak akhir 2018, MNC Peduli bersama Lotte Mart membangun jembatan penghubung antara Dusun Cipluk Timur dan Cipluk Barat. Konstruksi jembatan menggunakan rangka besi baja yang melintang di sungai. Kini jembatan sepanjang 134 meter dengan lebar 1,5 meter telah siap digunakan masyarakat.

“Saya sangat bersyukur sekali, atas perhatian dari MNC Peduli. Mereka yang berada di kota metropolitan Jakarta, yang jaraknya sangat jauh dari sini, masih bisa memperhatikan kondisi kami. Untuk itu, saya mewakili seluruh warga Indonesia yang melintasi jembatan ini kami mengucapkan banyak terima kasih kepada MNC Peduli dan Lotte Mart,” ungkapnya.

“Ini saya buat video lagi, yang menginformasikan kondisi terakhir jembatan bisa dilalui. Dan hari ini dilakukan peresmian oleh Pak Syafril. Warga bisa melintasi dengan aman dan nyaman. Semoga berkah, semoga orang-orang di jajaran MNC Peduli tetap peduli terhadap nasib kita-kita yang berada di masyarakat bawah,” ucap dia.

MNC Peduli Bersama Lotte Mart Bangun Jembatan Cipluk, Jawa Tengah (foto: Taufik Budi/iNews) MNC Peduli Bersama Lotte Mart Bangun Jembatan Cipluk, Jawa Tengah (foto: Taufik Budi/iNews) 

Keberadaan jembatan itu dianggap sebagai hadiah pada 2019 ini, karena selama bertahun-tahun warga harus menerjang arus sungai untuk berangkat kerja atau sekolah. Mereka tak lagi khawatir anak-anak terseret arus sungai terlebih jika debit meningkat setelah hujan deras mengguyur.

“Ibaratnya ini jembatan impian yang menjadi kenyataan. Sudah bertahun-tahun kami menyeberangi sungai tapi belum ada juga jembatan yang dibangun. Baru sekarang ini atas prakarsa MNC kita bisa menikmati jembatan yang baru dan nyaman,” ujar Sofyan diamini adik perempuannya.

Jembatan yang dicat dengan kombinasi warna merah, biru, dan kuning itu terlihat kokoh dan apik. Sejumlah warga pun menyempatkan berswafoto ketika melintas. Jembatan itu pun dinilai sebagai penyelamat karena mereka tak perlu lagi menempuh jalur memutar hingga 20 kilometer saat debit meningkat drastis akibat hujan deras.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini