nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Suami Pegawai BRI Penilap Rp2,3 Miliar Jadi Tersangka

Herman Amiruddin, Jurnalis · Rabu 06 Februari 2019 15:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 06 609 2014410 suami-pegawai-bri-penilap-rp2-3-miliar-jadi-tersangka-myYB98TVCa.jpg Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani (Foto: Herman Amiruddin)

MAKASSAR - Penyidik Ditreskrimsus Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali menetapkan satu tersangka yang terlibat kasus penilapan uang nasabah BRI Rp2,3 miliar oleh teller BRI Unit Toddopuli Makassar. Yakni, Rendi (31), suami dari tersangka Rika Dwi Merdekawati (28).

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, tim penyidik menetapkan Rendi sebagai tersangka dalam tindak pidana perbankan setelah dilakukan pemeriksaan.

"Istrinya oknum. Hasil pemeriksaan terhadap saudara Rika kita menyatakan keterkaitan dalam kasus ini yaitu seorang laki-laki Rendi suami Rika," kata Dicky, Rabu (6/2/2019).

(Baca Juga: Tilep Uang Nasabah hingga Rp2,3 Miliar, Oknum Pegawai BRI Ditangkap

Modus yang digunakan Rendi menghubungi istrinya yang bekerja sebagai teller BRI untuk minta uang. Alasan meminta uang untuk meminjam, dan akhirnya istrinya membantu dengan merekayasa data-data nasabah.

"Modus Rendi, dia menelefon Rika minta uang alasan untuk pinjaman. Akhirnya, Rika melakukan kejahatan perbankan. Dia membuat sistem dalam sistem, bisa mencetak buku, uang diminta suami inilah alasan Rika melakukan. Alasan demi bayar angsuran kendaraan, untuk permainan judi online," tutur Dicky.

Rika

Penyidik juga telah mengamankan barang bukti berupa ATM milik Rendi. Sementara jumlah uang yang sudah diambil Rika bersama suaminya sejak bulan hingga Desember sebanyak Rp2,3 miliar.

"Uang itu diberikan kepada suaminya. Barang bukti sudah kita sudah sita, akun, ATM Britama atas nama Rendi," kata Dicky.

Penetapan tersangka baru, karena adanya mutasi pergantian ke cabang bank lain. Di mana, Rika membobol uang nasabah atas perintah suaminya.

"Diungkap karena adanya mutasi pergantian, ke cabang dia lakukan di Unit BRI cabang Panakukang. Dia Paksa istrinya untuk membobol uang nasabah," tuturnya.

(Baca Juga: Diduga Gelapkan Dana Ganti Rugi Lahan Gereja, Pendeta di Perbatasan Dipenjara)

Suami Rika, pegawai swasta pada Peternakan Sumba Opu, dan sudah punya anak 1 dari pernikahannya keduanya.

Adapun pasal yang disangkakan yakni Pasal 3 dan Pasal 5 Juncto Pasal 2 UUD Nomor 8 Tahun 2010 tentang TPPU dengn ancaman 20 tahun penjara dan denda Rp10 miliar.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini