nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2 WNI Jadi Korban Tabrakan Kapal Tugboat dan Kapal Tanker di Selat Singapura

Muhammad Bunga Ashab, Jurnalis · Kamis 07 Februari 2019 12:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 07 340 2014789 2-wni-jadi-korban-tabrakan-kapal-tugboat-dan-kapal-tanker-di-selat-singapura-mMVLtQcJPz.jpg Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang Budi Cahyadi Menunjukan Lokasi Tabrakan Kapal Tagboat dan Kapal Tanker (foto: Muhammad Bunga Ashab)

TANJUNGPINANG - Dua anak buah kapal (ABK) Tugboat Koi 3 korban kecelakaan tabrakaan di Selat Singapura adalah Warga Negara Indonesia (WNI). Kedua korban hingga kini masih dicari Tim SAR dari Indonesia dan Singapura pacatabrakan kapal Tugboat Koi 3 dengan kapal tanker Shun Sheng.

"Setelah kita peroleh informasi dari Maritime and Port Authority (MPA) Singapuara korban adalah WNI," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang Budi Cahyadi.

Budi mengatakan, enam ABK Tugboat Koi 3 berkewarganegaraan Indonesia. Untuk data korban yakni Iswahyudi, Syamsu Alam, Karjan, Setia Budi Damai dalam kondisi selamat, sedangkan Budi Setiyoko dan Dodi Maulana dalam pencarian.

"Kita terima info dari MPA Singapura uuntuk empat orang korban selamat telah berada di kapal Swordfish dan dievakuasi ke RS Singapura untuk pemeriksaan kesehatan," ujar Budi.

(Baca Juga: Tugboat Tabrakan dengan Kapal Tanker di Selat Singapura, 2 ABK Hilang) 

Adapun unsur SAR yang melakukan pencarian KN SAR Purworejo, KP 2003 Polairud Polda Kepri, Speedboat Lanal Batam, Speedboat MPA Singapore 3, Speedboat MPA Singapore 4 dan Speedboat MPA Singapore 6.

"Pencarian dilakukan Tim SAR gabungan dari Indonesia dan Singapura," ujar dia.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang Budi Cahyadi (foto: Muhammad Bunga Ashab)	Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang Budi Cahyadi (foto: Muhammad Bunga Ashab) 

Budi menyampaikan, sebagai informasi bahwa SAR Mission Coordinator (SMC) Tanjungpinang telah berkoordinasi dengan SMC Singapura terkait rencana penarikan TB Koi 3 ke perairan Singapura.

"Saran dari SMC Indonesia bahwa SMC Singapura membuat surat permohonan untuk security clearance penarikan tugboat tersebut. Dan saat ini proses sedang berjalan," ujar Budi.

Sebelumnya, Kapal Tugboat Koi 3 berbendera Sierra Leone dengan kapal tanker Shun Sheng bertabrakan pada posisi 01. 09.9 N - 103 41.41 E di Selat Singapura, Kamis (7/2/2019) dini hari. Akibatnya, dua anak buah kapal (ABK) Tugboat Koi 3 dinyatakan hilang. Mendapat informasi itu, Tim SAR dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang dikerahkan membantu mencari korban.

"Benar ada tabrakan kapal tugboat dengan kapal tanker di Selat Singapura," kata Budi.

(Baca Juga: Kapal Indonesia Tabrakan dengan Kapal Tanker Panama, 11 WNI Dievakuasi ke Singapura)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini