TGB: Doa Mbah Moen Jangan Dipuisikan!

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 07 Februari 2019 17:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 07 605 2014953 tgb-doa-mbah-moen-jangan-dipuisikan-5cLzEmwEC1.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi, meminta doa ulama kharismatik KH Maimun Zubair (Mbah Moen) yang salah mengucap nama Jokowi tidak dipolemikkan dan di-puisi-kan.

"Doa tidak untuk di polemik, tidak untuk dipuisikan, tidak untuk diributkan," kata TGB di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (7/2/2019).

Diketahui, Mbah Moen salah mengucap nama Jokowi menjadi Prabowo ketika membaca teks doa beberapa waktu lalu. Namun belakangan Mbah Moen mengklarifikasinya bahwa yang ia doakan ialah Jokowi agar kembali terpilih menjadi pemimpin nasional

Tak lama berselang, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon membuat puisi bernada sindiran berjudul "Doa yang Ditukar" untuk merespons kesalahan pembacaan doa KH Maimun tersebut. Fadli pun dikecam oleh sebagian kalangan Nahdliyin.

 sds

TGB mengatakan, yang mengetahui maksud dari doa itu adalah Mbah Moen sendiri. Karenanya untuk menghindari tafsir yang salah, sebaiknya melakukan tabayyun kepada Mbah Moen langsung.

"Yang mengetahui maksud dari doa itu adalah yang berdoa. Kalau mau tahu maksud dari doa Kyai Maimun tanyalah kepada Kyai Maimun, jangan nanya kepada siapa-siapa, tidak untuk di polemikkan, tidak untuk direbutkan apalagi dijadikan sebagai tambahan amunisi untuk memecah belah kita satu sama lain," tegas TGB.

"(KH Maimoen) beliau adalah guru kita, orang siapa saja yang mau tahu maksud doa beliau maka datangilah beliau dengan baik-baik hanya maksudnya itu saja," jelas TGB.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini