nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hilang 4 Hari, Nenek Keben Ditemukan Lemas Tersesat di Hutan Pohkumbang

Taufik Budi, Jurnalis · Minggu 10 Februari 2019 14:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 10 512 2015962 hilang-4-hari-nenek-keben-ditemukan-lemas-tersesat-di-hutan-pohkumbang-i0izSWXnMs.jpeg Mbah Keben segera dibawa ke rumah sakit setelah empat hari tersesat di hutan. (Foto: Taufik Budi/Okezone)

KEBUMEN – Evakuasi seorang nenek renta yang tersesat di tengah Hutan Pohkumbang, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, berlangsung dramatis. Tubuh sang nenek lemas karena empat hari hilang tanpa jejak.

Kejadian nahas itu menimpa Nenek Keben (75), warga Desa Pohkumbang, RT 01 RW 04, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen. Nenek Keben yang juga seorang petani tersebut diketahui berangkat ke sawah pada Rabu 6 Januari 2019 pagi. Saat itu warga mengetahui nenek menuju Sungai Randukeli.

Namun hingga pukul 18.00 WIB, Nenek Keben belum pulang. Warga mulai kebingungan dan berusaha melakukan pencarian, namun belum membuahkan hasil. Dugaan sementara, Nenek Keben terpeleset ke Sungai Kemit atau hilang di Hutan Pohkumbang.

(Baca juga: Kisah Nenek Aminah, Hilang di Hutan hingga Bertahan Hidup Makan Pucuk Rotan)

"Keluarga dan warga sudah berusaha mencari keberadaan Mbah Keben, namun belum ditemukan. Kejadian tersebut baru kami terima info pada Jumat 8 Januari pagi," kata Kepala Basarnas Jateng Aris Sofingi, Minggu (10/2/2019).

Ia menuturkan, kronologi kejadiannya berawal pada Rabu 6 Februari pagi. Ketika itu Nenek Keben berangkat ke sawah, kemudian pergi menuju Sungai Randukeli. Sampai pukul 18.00 WIB, Mbah Keben belum juga pulang. Diduga dia terpeleset ke Sungai Kemit atau bisa juga hilang di Hutan Pohkumbang.

Koordinator Basarnas Pos Cilacap Mulwahyono mengatakan, pencarian Mbah Keben awalnya dilakukan di sepanjang aliran Sungai Kemit. Tapi selama dua hari penyisiran, tidak membuahkan hasil. Hingga hari ini, petugas mengubah pola pencarian.

"Hari ini kita fokus pencarian Explore SAR (ESAR) di darat, setelah dua hari yang lalu pencarian di aliran Sungai Kemit tidak membuahkan hasil. Setelah upaya pencarian selama tiga hari korban berhasil ditemukan di area hutan Desa Pohkumbang ke arah barat dalam keadaan lemas," kata Mulwahyono.

(Baca juga: Basarnas Hentikan Pencarian Pendaki asal Magelang yang Hilang di Gunung Lawu)

Jarak penemuan korban dengan lokasi awal menghilang diperkirakan sekira 2 kilometer. Selanjutnya petugas langsung membopong Nenek Keben menuju Rumah Sakit Palangbiru Kecamatan Gombong untuk mendapatkan pertolongan.

"Dengan temukannya Mbah Keben pada pukul 11.15 WIB, maka operasi SAR dinyatakan selesai. Tim SAR kembali ke satuannya masing-masing," tutur Mulwahyono.

Operasi pencarian tersebut melibatkan Tim SAR gabungan yang di antaranya BPBD, Polsek, Koramil, PMI, RAPI, Elang Perkasa, Gertaks, MTA, Bagana, Ubaloka, dan warga sekitar.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini