nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hampir 100 Orang Tewas Akibat Alkohol Oplosan di India

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 11 Februari 2019 15:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 11 18 2016372 hampir-100-orang-tewas-akibat-alkohol-oplosan-di-india-7PZZDuU366.jpg Ilustrasi.

NEW DELHI – Sedikitnya 99 orang tewas dan puluhan lainnya dirawat di rumah sakit di utara India setelah menenggak alkohol oplosan beracun pekan lalu. Insiden ini telah mendorong pihak berwenang melakukan razia dan operasi pemberantasan terhadap para pemalsu dan pengoplos minuman beralkohol.

Berita mengenai kematian telah bermunculan dalam tiga hari terakhir di Negara Bagian Uttar Pradesh dan Uttarakhand. Polisi menduga para korban tewas akibat minuman yang telah dicampur dengan methanol.

Minuman keras murah buatan lokal umum dikonsumsi di beberapa daerah pedesaan India. Para pembuat t minuman keras tersebut sering menambahkan metanol - suatu bentuk alkohol yang sangat beracun yang kadang-kadang digunakan sebagai anti beku - ke produk mereka untuk meningkatkan kekuatannya.

Jika dikonsumsi dalam jumlah besar, metanol dapat menyebabkan kebutaan, kerusakan hati dan kematian.

Juru Bicara Kepolisian Shailendra Kumar Sharma mengatakan kepada AFP bahwa sebanyak 59 orang tewas setelah mengonsumsi alkohol bermetanol di salah satu distrik di Uttar Pradesh. Sementara di distrik tetangganya, dilaporkan sedikitnya sembilan orang tewas dan polisi telah menahan 66 pemalsu alkohol dan mengirim produk buatan mereka ke laboratorium untuk diuji.

Di Negara Bagian Uttarkhand, polisi mengatakan sedikitnya 31 orang tewas, dan dua orang telah ditahan atas dugaan penyuplaian alkohol beracun.

Surat kabar India melaporkan hampir 3.000 orang yang berhubungan dengan perdagangan alkohol ilegal telah ditangkap di Uttar Pradesh usai insiden tersebut.

Ratusan orang miskin meninggal setiap tahun di India karena keracunan alkohol, kebanyakan akibat mengonsumsi alkohol murah. Pada 2015, lebih dari 100 orang meninggal di perkampungan kumuh Mumbai setelah minum minuman keras ilegal.

Berdasarkan data dari Asosiasi Alkohol dan Anggur India, dari lima miliar liter alkohol yang diminum setiap tahun di India, diperkirakan 40 persennya adalah alkohol yang diproduksi secara ilegal.

(dka)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini