Prabowo Sebut APBN Bocor 25 Persen, Tjahjo Kumolo: Silakan Lapor ke KPK

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Senin 11 Februari 2019 14:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 11 605 2016334 prabowo-sebut-anggaran-apbn-bocor-25-persen-tjahjo-kumolo-silahkan-lapor-ke-kpk-W6ydufnv7m.jpeg

JAKARTA - Belum lama ini, calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto mengatakan, terdapat kebocoran anggaran sebanyak 25 persen dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) setiap tahunnya.

"Saya hitung dan saya udah tulis di buku kebocoran dari anggaran rata-rata taksiran saya, mungkin lebih sebetulnya 25 persen anggaran itu bocor. Bocornya macam-macam," ucap Prabowo ketika itu.

Mengenai pernyataan yang menimbulkan banyak perdebatan tersebut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo tidak ingin memberikan komentar lebih banyak. Ia hanya ingin melihat data yang valid dari ucapan itu.

“Enggak ada, saya kira harus ada data yang valid. Itu saja,” ujar Tjahjo Kumolo saat ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (11/2/2019).

Tjahjo Kumolo pun menambahkan Prabowo Subianto harus membuktikan pernyataannya tersebut. Jika memang dirasa benar, maka tidak ragu ia menyarankan untuk melaporkan kebocoran anggaran dana itu ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

(Baca Juga: APBN Disebut Bocor 25%, Kubu Jokowi Tantang Prabowo Buktikan Secara Faktual)

“Saya kira beliau saja harus membuktikan. Kalau perlu lapor ke KPK dong, itu saja. Silakan. Kalau memang dia mengakui itu, mana datanya?” tambahnya.

Senada dengan Tjahjo Kumolo, Presiden Joko Widodo pun sebelumnya telah memberikan tanggapan terkait pernyataan dari Prabowo Subianto itu. Ia juga meminta bukti-bukti dan data agar tidak asal dalam memberikan pernyataan.

“Duitnya gede banget Rp 500 triliun. Laporin ke KPK dengan bawa bukti-bukti dan bawa fakta. Jangan asal," ungkap Jokowi beberapa waktu yang lalu.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini