nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cuaca Buruk Landa Jateng, BMKG: Waspada Longsor & Pohon Tumbang

Taufik Budi, Jurnalis · Selasa 12 Februari 2019 17:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 12 512 2016914 cuaca-buruk-landa-jateng-bmkg-waspada-longsor-pohon-tumbang-L2DyAajS36.jpg Tingginya curah hujan berdampak bencana longsor di area perbukitan (Foto: Okezone)

SEMARANG – Sejumlah daerah di Jawa Tengah diprakirakan terjadi hujan lebat disertai angin kencang pada sore hingga menjelang malam. Untuk itu, warga diimbau selalu waspada terjadinya bencana tanah longsor dan pohon tumbang.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani, Semarang merilis informasi prakiraan cuaca Semarang dan sekitarnya. Prakiraan itu berlaku pada Selasa (12/2/2019) pukul 07.00 hingga 19.00 WIB.

"Jawa Tengah pagi pada umumnya berawan, pesisir utara berpotensi hujan ringan. Siang atau sore sampai awal malam hujan ringan sampai sedang tersebar merata di wilayah Jawa Tengah. Potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada sore hari di daerah sisi utara pegunungan. Waspada banjir, tanah longsor dan pohon tumbang,” ujar Forcaster BMKG, Arif Nurhidayat.

Cuaca di Kota Semarang lanjut Arif, umumnya berawan. Daerah pesisir berpotensi terjadi hujan ringan. Pada siang atau sore sampai menjelang awal malam, terjadi hujan ringan hingga sedang tersebar merata mulai dari wilayah Semarang bagian atas.

Pohon Tumbang

"Angin bertiup dari arah selatan-barat laut dengan kecepatan 10 sampai 25 kilometer per jam, suhu udara berkisar 26 sampai 31 derajat celsius dan kelembaban udara berkisar 65-90%," tuturnya.

Sementara, tinggi gelombang di Laut Jawa mencapai 0,2-0,75 meter. Sedangkan tinggi gelombang di perairan Selatan Jawa Tengah 1-2 meter.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini