nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hoaks Video Jokowi dan Ahok Disebut Pengkhianat, Ini Faktanya!

Ade Putra, Jurnalis · Rabu 13 Februari 2019 11:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 13 337 2017246 hoaks-video-jokowi-dan-ahok-disebut-pengkhianat-ini-faktanya-EaDnTsAUc6.jpg Hoaks (Reuters)

BEREDAR video presiden Joko Widodo (Jokowi) dan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mendatangi suatu acara yang sama. Namun, video tersebut disangkut pautkan akan kepentingan yang tidak masuk akal.

Seperti dalam dua video yang diposting Kiky pada 10 Februari 2019 pukul 09.47. Dalam postingan akun facebook (FB) Kiky Kinaswya Kiky, ada dua video yang saat ini sudah dibagikan sebanyak 1.761 kali itu. Adapun Kiky menambahkan narasi:

Pengkhianat !!! ...

Wajib di tenggelamkan"

Fakta Hoaks Jokowi dan Ahok (fb)

 Baca juga: Hoaks Pose Satu Jari Ustadz Abdul Somad Beredar, Ini Faktanya!

Video tersebut dinarasikan bahwa Jokowi dan Ahok terlihat dekat dengan keluarga bos besar Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja.

Padahal, video itu dikala Jokowi dan Ahok sedang melayat bos besar Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja, di rumah duka Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, Senin 28 Januari 2019.

Fakta Hoaks Jokowi dan Ahok (fb)

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari video yang sebenarnya, Jokowi tampak bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

 Baca juga: Fakta Video Bocah Sebut Cita-citanya Ganti Presiden di Depan Jokowi, Ternyata Suaranya Diedit!

Menggunakan batik coklat lengan panjang, Jokowi tampak menyalami sejumlah orang di rumah duka tersebut. Jokowi didampingi oleh salah satu putra mendiang yaitu Franky Widjaja yang juga dikenal sebagai salah satu pengelola bisnis Sinar Mas.

Selain Jokowi, sejumlah tokoh juga melayat mendiang Eka yaitu Ahok. Karangan bunga juga dikirimkan oleh banyak orang sebagai ungkapan duka cita untuk mendiang.

Hasil penelusuran Ria Fajriah, salah satu member dalam laman grup FB Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax (FAFHH), bahkan sebelumnya Calon Presiden Prabowo Subianto dan Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno juga hadir melayat mendiang Eka.

 Baca juga: Heboh Ridwan Kamil Sebut Jokowi Dikirimi Jin agar Gagal Jadi Presiden, Ini Faktanya

"Jadi, video yang disebarkan akun FB Kiky itu dipelintir dengan narasi yang salah. Kejadian sebenarnya adalah tentang Ahok dan Presiden Jokowi sedang melayat ke rumah duka bos besar Sinar Mas Eka Tjipta Widjaja. Selain itu, sebelumnya sejumlah tokoh juga melayat mendiang Eka seperti Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno," tulisnya di laman grup FB FAFHH, Rabu (13/2/2019).

Seperti diketahui, Eka yang lahir di Quanzhou, China, 23 Desember 1923 ini meninggalkan karyanya di usia 95 tahun berupa yayasan nirlaba Eka Tjipta Foundation, dan konglomerasi perusahaan Grup Sinar Mas.

Di antaranya Asia Pulp and Paper (APP) di bidang pulp dan kertas, Golden Agri-Resources di bidang agribisnis dan makanan, Sinar Mas Land di bidang pengembang dan real estat, Sinar Mas Multiartha dan Sinar Mas Sekuritas di bidang jasa keuangan, Smartfren untuk telekomunikasi dan data, dan PT Dian Swastatika Sentosa di bidang energi dan infrastruktur.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini