nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPK Limpahkan Berkas Dakwaan 2 Tersangka Korupsi Pajak ke Tipikor Ambon

Isal Faisal, Jurnalis · Rabu 13 Februari 2019 16:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 13 337 2017434 kpk-limpahkan-berkas-dakwaan-2-tersangka-korupsi-pajak-ke-tipikor-ambon-UF81yFQ9n5.jpg Tersangka korupsi KPP Ambon (Foto: Dok)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melimpahkan berkas dakwaan dua tersangka penerima suap terkait kewajiban pajak orang pribadi di kantor Pelayanan Pajak (KPP) Ambon ke Pengadilan Tipikor Ambon. Kedua tersangka tersebut yakni, Kepala KPP Ambon, La Masikamba dan Supervisor KPP Ditjen Pajak RI, Sulimin Ratmin.

"Hari ini, KPK melimpahkan berkas dan dakwaan ke PN Ambon untuk 2 orang terdakwa tersebut," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (13/2/2019).

 Baca juga: Kepala Kantor Pajak Ambon Segera Duduk di Kursi Pesakitan Terkait Kasus Suap

Untuk memudahkan jalannya persidangan, KPK menitipkan dua tersangka tersebut ke Rutan Ambon sambil menunggu proses persidangan di Pengadilan Tipikor pada PN Ambon. Belum diketahui jadwal persidangan untuk keduanya.

Tersangka korupsi KPP Ambon (dok kpk)

 Baca juga: Penyuap Kepala Kantor Pajak Ambon Segera Diseret ke Meja Hijau

Febri mengatakan, selama proses penyelidikan di duga tersangka menerima suap Rp970 juta dan gratifikasi Rp8 miliar dari sejumlah wajib pajak yang terdaftar di KPP Pratama Ambon.

Dirinya mengatakan, kasus ini merupakan pengembangan selama proses Penyidikan dilakukan. Di mana saat operasi tangkap tangan KPK telah mengamankan Rp100 juta. Selain itu, juga terdapat dua bukti setoran bank yang masing-masing sebesar Rp550 juta dan Rp20 juta.

 Baca juga: Terjaring OTT, KPK Giring Pejabat Pajak Ambon dan Papua ke Jakarta

“Kami sangat menyayangkan atas dugaan suap dan gratifikasi yang dilakukan oleh petugas pajak, ketika di tengah upaya kita sedang meningkatkan penerimaan negara melalui pajak, tetapi sejumlah petugas pajak justru melakukan hal tersebut,” ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini