nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Heboh Ular Piton 4 Meter Masuk ke Rumah dan Warung Warga Pangkalan Bun

Sigit Dzakwan, Jurnalis · Kamis 14 Februari 2019 12:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 14 340 2017821 heboh-ular-piton-4-meter-masuk-ke-rumah-dan-warung-warga-pangkalan-bun-Bxf9FbyI9G.jpeg Ular piton masuk ke rumah dan warung warga. (Foto : Sigit Dzakwan)

KOTAWARINGIN BARAT - Seekor ular piton berukuran sekitar 4-5 meter dengan berat sekira 30 kg masuk ke rumah dan warung milik Juhri Hadinata di Jalan Ahmad Yani, Km 5,5, Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng), Kamis (14/2/2019) sekira pukul 06.30 WIB.

Saat itu sang pemilik warung sedang memandikan sang anaknya. Saat memandikan anak pertama Azzura (2), Juhri melihat di bawah lantai kayu ada yang berkilau warna pelangi. Setelah diamati dari dekat ternyata kilauan tersebut dari sisik ular piton atau yang disebut warga lokal ular sawah.

Sontak dirinya langsung menyelamatkan anak dan memanggil bapak mertua untuk memberitahukan keberadaan ular. “Mertua sempat membawa parang khawatir ular tersebut membahayakan keluarga yang ada di dalam rumah dan warung,” ujar Juhri saat ditemui MNC Media, Kamis (14/2/2019) siang.

Ternyata, lanjut dia, ular tersebut berukuran besar. Kemudian dirinya langsung menghubungi Kepala SKW II Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng, Agung Widodo, meminta agar ular itu segera dievakuasi.

Sekira pukul 08.30 WIB, petugas BKSDA beserta pawang ular datang untuk mengevakuasi. Ular yang bersembunyi di balik lantai papan kamar mandi menyulitkan petugas untuk mengevakuasi sehingga harus membuka papan terlebih dahulu.

Ular piton berukuran 4 meter dievakuasi setelah masuk ke rumah warga di Pangkalan Bun. (Sigit Dzakwan)

“Setelah sebilah papan dibuka, kepala ular tersebut langsung ditangkap dan kemudian diisolasi pada bagian moncong agar tidak membahayakan petugas. Hampir 5 orang dewasa yang membantu mengevakuasi ular dengan bobot sekitar 30 kg dan panjang 4 meter lebih itu,” katanya.

Ular tersebut kemudian sempat menjadi tontonan warga sekitar dan pengendara yang melewati jalan tersebut terhenti untuk melihat evakuasi ular. “Selanjutnya ular tersebut dibawa ke kantor BKSDA Kalteng di Pangkalan Bun,” ujarnya.

(Baca Juga : Ular Piton Raksasa Masuk ke Permukiman Warga)

Sementara itu, Kepala SKW II BKSDA Kalteng di Pangkalan Bun, Agung Widodo mengatakan, saat ini ular besar masih di kantor SKW II BKSDA Kalteng sebelum dilepasliarkan ke Suaka Margasatwa (SM) Lamandau.

"Untuk perkiraan usianya kita kurang tahu, inj ular betina. Ular ini bisa memakan sebesar anak sapi atau kambing dewasa," katanya.

(Baca Juga : Ular Piton 3 Meter Ditangkap di Belakang Rumah Bupati Boyolali)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini