nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Bawa KTP, Puluhan Warga Kena Sidang Tipiring

Agregasi KR Jogja, Jurnalis · Kamis 14 Februari 2019 15:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 14 510 2017934 tak-bawa-ktp-puluhan-warga-kena-sidang-tipiring-xtNlZedCS3.jpg Foto Ilustrasi Okezone

SLEMAN - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan operasi Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi pengendara yang melintas di depan Kantor Kecamatan Godean, Rabu (13/02/2019). Dari 800 orang yang terjaring, sebanyak 48 orang yang kedapatan tidak membawa KTP. Selanjutnya mereka disidang tindak pidana ringan (tipiring) di tempat.

Kepala Bidang Penegakan Peraturan Perundang-undangan Satpol PP Sleman, Dedi Widianto, menjelaskan kegiatan ini dalam rangka penegakan Perda Nomor 7 Tahun 2009 tentang penyelenggaraan pendaftaran penduduk dan catatan sipil. Dalam kegiatan tersebut Satpol PP bekerja sama dengan kepolisian, Pengadilan Negeri Sleman dan Kejaksaan Negeri Sleman.

“Pengendara yang melintas diberhentikan untuk diperiksa KTP-nya. Dari sekitar 800 orang yang terjaring, ada 48 orang yang tidak membawa KTP dengan alasan ketinggalan, untuk mengurus surat-surat dan lainnya,” jelasnya.

 ddf

Bagi warga yang tidak mampu menunjukkan KTP langsung dilakukan sidang tipiring oleh hakim tunggal Ikha Tina SH MHum. Untuk denda yang dijatuhkan cukup variatif mulai Rp9 ribu hingga Rp19 ribu dengan biaya perkara Rp 1.000.

“Tujuan penegakan ini untuk mengedukasi masyarakat supaya tertib identitas diri," jelasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini