Dampak Kabut Asap Dumai, Petugas Bagikan 38 Ribu Masker

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Sabtu 23 Februari 2019 03:43 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 23 340 2021773 dampak-kabut-asap-dumai-petugas-bagikan-38-ribu-masker-McqQlDJ01q.jpg Pembagian Masker (Foto: Banda/Okezone)

PEKANBARU - Kebakakaran hutan dan lahan (Karhutla) telah menyebabkan Kota Dumai, Riau diselimuti kabut asap. Untuk meminimalisir dampak kabut asap, Dinas Kesehatan Pemkot Dumai, pembagikan ribuan masker kepada masyarakat.

"Kita sudah membagikan sebanyak 38 ribu masker sejak kabut asap muncul," ucap Kabid Dinas Kesehatan Kota Dumai, Hafidz, kepada Okezone Jumat 22 Februari 2019.

Dia menjelaskan, pembagian masker sudah dilakukan sejak 10 Februari 2019. Pembagian masker secara gratis ini dilakukan di sejumlah titik di Kota Dumai termasuk jalan raya yang banyak dilalui pengendara.

"Kita juga bagikan masker ke sejumlah intansi pemerintah," imbuhnya.

Baca Juga: Asap Mulai Muncul, Bengkalis dan Dumai Tetapkan Siaga Kebakaran Hutan

Kebakaran HUtan

Bencana kabut asap juga telah menyebabkan ratusan warga Dumai terserang penyakit radang tenggorakan, batuk, flu dan demam. Bahkan beberapa waktu lalu, status Indek Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Kota Dumai berstatus bahaya.

Pemkot Dumai juga telah mengeluarkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan. Selain Dumai, sejumlah daerah juga terjadi kebakaran yakni, Rokan Hilir, Kabupaten Bengkalis, Siak, Kampar dan Kepulauan Meranti.

Kebakaran hutan dan lahan juga sudah menghaguskan 850 hektar. Pemprov Riau sudah mengumumkan siaga darurat kebakaran. Dengan adanya status tersebut, maka Pemerihtah Pusat ikut membantu penanggulanan kebakaran yang setiap tahun terjadi di Riau.

Baca Juga: Dampak Asap Karhutla, 679 Warga Terkena Penyakit

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini