nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2 Hari Jadi Buronan Damkar, Lutung Merah Langka Ini Berhasil Dievakuasi

Sigit Dzakwan, Jurnalis · Kamis 28 Februari 2019 15:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 28 340 2024021 2-hari-jadi-buronan-damkar-lutung-merah-langka-ini-berhasil-dievakuasi-z0mV5GGN8d.jpg Lutung Merah Langka (Foto: Sigit Dzakwan/Okezone)

KOTAWARINGIN BARAT - Setelah dua hari menjadi buronan petugas Damkar Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng, monyet kelasi atau lutung merah langka yang dilindungi akhirnya pasrah untuk ditangkap tim animals rescue Damkar Kobar pada Kamis (28/2/2019) sekira pukul 14.00 WIB.

Lutung merah ini terjebak di dalam ruang pakaian rumah Dewi Puspa Wardhani warga Jalan Merpati nomor 55, RT 08, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Arut Selatan (Arsel).

 Baca juga: Lutung Merah Langka Nyasar Bikin Heboh PNS di Perpustakaan Kobar

“Jadi sekitar pukul 12.30 WIB, anak saya yang kecil mendengar ada suara kresek kresek di ruang pakaian di belakang rumah. Saat itu saya usai pulang menjemput sekolah putra saya yang besar. Dari situ langsung saya cek ternyata benar seekor monyet warna merah di belakang lemari pakaian,” ujar Dewi usai petugas Damkar Kobar mengevakuasi primata dilindungi ini.

 https://img-z.okeinfo.net/content/2019/02/26/340/2023145/lutung-merah-langka-nyasar-bikin-heboh-pns-di-perpustakaan-kobar-WGGl2iWAEV.jpg

Sekira pukul 13.20 WIB, dirinya menghubungi petugas Damkar Kobar untuk proses evakuasi. “Karena saya takut monyet itu marah akhirnya saya hubungi petugas damkar untuk evakuasi. Ini mungkin moyet kelasi yang sempat berada di Kantor Perpustakaan dua hari lalu yang tidak sempat tertangkap. Karena jarak rumah saya dengan perpustakaan tidak jauh," ujarnya.

 Baca juga: Lebah Terbesar di Dunia Ditemukan di Kepulauan Maluku

Sementara itu, Kasi Penyelamatan dan Evakuasi Korban Bidang Damkar dan Satpol Kobar, Kaboel Suhartono mengatakan, setelah mendapat laporan warga, pihaknya bersama 4 petugas Damkar Kobar langsung menuju TKP rumah warga. Aksi heroikpun terlihat saat proses evakuasi.

“Saat kita datang, posisi monyet kelasi berada di ruang pakaian di belakang lemari. Setelah dua petugas masuk ruang itu, monyet tersebut keluar dan sempat mondar mandir gesit ogah untuk ditangkap. Setelah berjuang keras, menggunakan keranjang plastik, tempat pakaian langsung bisa ditangkap. Waktu evakuasi sekitar 10 menit," ujarnya.

Kaboel menjelaskan, pada Kamis pagi pihaknya juga menerima laporan warga Kelurahan Baru ada monyet kelasi yang berada di atas pohon. Namun, saat petugas Damkar mendatangi lokasi, lutung merah tersebut menghilang di lebatnya pepohonan.

Baca juga: Kura-Kura yang Dikira Punah Terlihat di Kepulauan Galapagos

“Jadi ada satu lagi di Kelurahan Baru. Warga memposting foto monyet Kelasi di atas pohon. Jenisnya persis yang kita tangkap ini. Diduga kuat monyet ini keluar hutan untuk mencari makan di pemukiman warga," ujarnya.

Selanjutnya, monyet kelasi dibawa menuju Kantor BKSDA SKW 2 Kalteng di Pangkalan Bun menggunakan mobil ban terbuka. “Ini sementara kita cek dulu kesehatannya, baru nanti kalau dinyatakan baik dan sehat akan segera dilepasliarkan ke SM Lamandau,” ujar Staff BKSDA yang menerima penyerahan moyet kelasi, Ibnu.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini