nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Riset NASA: Bumi Lebih Hijau Dibanding 20 Tahun Lalu Berkat Penanaman Pohon

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 01 Maret 2019 18:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 01 18 2024642 riset-nasa-bumi-lebih-hijau-dibanding-20-tahun-lalu-berkat-penanaman-pohon-R8k34hoiNt.jpeg Ilustrasi Foto: Reuters/NASA

Bumi menjadi lebih hijau dibanding 20 tahun yang lalu berkat aktivitas penanaman pohon yang menurut riset terbaru Badan Antariksa Amerika atau NASA.

Hasil terbaru NASA mengungkapkan bahwa Bumi menjadi lebih hijau dalam 20 tahun belangan program penanaman pohon yang semakin meningkat

Penelitian yang dipublikasikan pada 11 Februari 2019 itu menemukan bahwa penghijauan Bumi selama dua dekade terakhir telah mengalami peningkatan sebesar 5 persen, atau bertambahnya lahan hijau sekitar 3 juta km persegi.

Data foto yang diambil pada pertengahan 1990-an melalui dua satelit NASA yang mengorbit bumi selama 20 tahun, menunjukkan bahwa China dan India paling giat dalam aktivitas penghijauan dunia.

Mengutip Fox News, Jumat (1/3/2019) Chi Chen dari Departemen Bumi dan Lingkungan di Universitas Boston, pemimpin riset, mengatakan bahwa kedua negara paling giat dengan aktivitas sepertiga penghijauan, tetapi aktivitasi itu hanya menutup 9 persen dari luas daratan Bumi.

Foto/NASA

Awalnya, para peneliti menghubungkan perubahan itu dengan cuaca yang lebih hangat, iklim yang lebih basah dan pembuahan dari penambahan karbon dioksida, tetapi Rama Nemani, seorang ilmuwan peneliti di Ames Research Center NASA, mengatakan bahwa data baru menunjukkan bahwa manusia juga berkontribusi atas semakin hijaunya Bumi.

Baca: Gunung Everest Menjelma Jadi Tempat Sampah Tertinggi di Dunia

Nemani menunjuk pada program-program China untuk melestarikan dan memperluas hutan dan penanaman tanaman pangan India.

“Sekarang kita tahu pengaruh langsung manusia adalah pendorong utama penghijauan Bumi, kita perlu memasukkan faktor ini ke dalam model iklim kita,” lanjutnya. "Ini akan membantu para ilmuwan membuat prediksi yang lebih baik tentang perilaku berbagai sistem Bumi, yang akan membantu negara membuat keputusan yang lebih baik tentang bagaimana dan kapan harus mengambil tindakan."

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini