nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemendagri Akui Kurang Sosialisasi E-KTP WNA

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Sabtu 02 Maret 2019 14:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 02 337 2024912 kemendagri-akui-kurang-sosialisasi-e-ktp-wna-BzsEKLdce7.jpg Diskusi Polemik MNC Trijaya (Foto: Puteranegara Batubara)

JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengakui kurang melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait adanya pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) bagi Warga Negara Asing (WNA) di Indonesia.

Hal itu diakui Sesditjen Dukcapil Kemendagri, I Gede Suratha menanggapi hebohnya Tenaga Kerja Asing (TKA) yang mempunyai e-KTP di Cianjur, Jawa Barat. "Karena lebih banyak disebabkan kurangnya kami memberikan informasi," kata Suratha dalam diskusi Polemik MNC Trijaya di D'consulate, Jakarta Pusat, Sabtu (2/3/2019).

(Baca Juga: Urus E-KTP di Tangsel, Warga Sampai Menginap di Kantor Disdukcapil)

Namun, kata Suratha, masyarakat juga kurang perhatian untuk mengakses informasi mengenai hal tersebut. Pasalnya, pembuatan e-KTP WNA sudah berlangsung sejak lama.

"Kurangnya masyarakat mengambil informasi yang sudah disediakan oleh negara, karena undang-undang sebenarnya sudah ada 2006 dan diundangkan dalam lembaga negara, artinya seharusnya masyarakat mengetahuinya tetapi faktanya masyarakat belum mengetahuinya," tuturnya.

Ilustrasi

Suratha menjelaskan, penerbitan e-KTP bagi WNA telah diatur dalam UU yang tertuang dalam Pasal 23 UU 24 Tahun 2013 Pasal 63 Ayat (1). Dalam hal ini disebutkan, orang asing pemegang Kartu Ijin Tinggal Tetap (Kitap), berumur 17 tahun, telah kawin atau pernah kawin mereka wajib memiliki e-KTP.

"Berarti kalau ada melihat WNA memegang kitap dan memenuhi syarat itu adalah kewajiban dia untuk mengurus e-KTP, itu clear jangan sampai ada tanggapan ada kok pemerintah menjelang pemilu ini ujug-ujug memberikan e-KTP bagi WNA? Sejak 2006 sudah diamantkan oleh undang undang dan kita tatanan di bawahnya menindaklanjuti undang-undang itu," katanya.

(Baca Juga: Kemendagri Luruskan 5 Isu Hoaks soal E-KTP)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini