Menaker Dorong Pengembangan Pelatihan Kerja di Bidang Fashion

Abu Sahma Pane, Okezone · Senin 04 Maret 2019 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 04 1 2025641 menaker-dorong-pengembangan-pelatihan-kerja-di-bidang-fashion-LX8OF1VJSQ.jpg Foto: dok.Humas Kemenaker

SEMARANG – Industri kreatif di bidang fashion memiliki prospek yang cerah. Sebab saat ini merupakan eranya gaya hidup.

Demikian dikatakan Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri di sela kunjungan kerjanya di Semarang, Jawa Tengah.

Untuk itu, kata dia, dalam upaya menghadapi revolusi industri 4.0 ini diperlukan pengembangan pelatihan kerja di bidang fashion. Salah satunya melalui jurusan fashion technology dan manajemen bisnis yang menyasar generasi muda.

Jawa Tengah merupakan wilayah dengan pabrik garmen yang cukup banyak. Dengan adanya pelatihan kerja di bidang fashion, lulusan sekolah menjahit tidak hanya sekadar menjadi buruh di pabrik garmen saja, tapi bisa naik kelas dengan fashion technology.

“Dengan meng-upgrade kejuruan menjahit ini menjadi fashion technology di BLK Semarang, kita berharap anak-anak muda kita bisa memeroleh skill yang baru di bidang fashion. Sehingga mereka bukan hanya diajarkan menjahit saja, tapi juga diajari kreasi, berproduksi dan marketing. Mereka kalau masuk ke industri fashion, minimal jabatannya asisten yunior desainer,” kata Hanif.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini